Tips Memperbaiki Usb Port Printer Yang Tidak Terdeteksi Komputer

Mengatasi Printer Error Usb Port Printer Tidak Terdeteksi / USB Device Not Recognized – Printer merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Baik untuk sekolah, bekerja ataupun untuk kebutuhan lain, printer saat ini merupakan perangkat yang sangat dibutuhkan. Penggunaan printer ini tentu bukan tanpa masalah. Salah satu masalah penggunaan printer yaitu adanya masalah kabel printer yang tidak terdeteksi.

Beberapa kasus printer canon yang sering kita alami salah satunya adalah USB tidak terhubung/ terdeteksi di komputer padahal semua sudah terpasang dengan benar, lalu apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki kasus yang seperti ini?….

Disini saya hendak membagikan sebagian aspek yang dirasa mempengaruhi kasus terdeteksi ataupun tidaknya printer anda. Berikut tips yang dapat kami berikan untuk anda tentang cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi, yaitu:

  1. Cek Sistem Operasi,
  2. Install Driver
  3. Cek kabel USB
  4. Cek Printer

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 0X000006d9 Saat Sharing Printer di Windows 7/8/10

Tahapan di atas adalah urutan pengecekan apabila USB Port printer tidak terdeteksi atau tidak terhubung dengan komputer.
Pertama-tama kita harus cek sistem operasi dahulu, dengan cara sistemnya ada yang corupt/rusak atau dapat melakukan konektifitas dengan piranti yang lain misalkan flashdisk, handphone atau yang lainnya, jika dengan piranti yang lain normal, berarti bisa di pastikan sistem operasi normal.
atau bisa cek pengaturan komputer atau laptop sebagai berikut

  • Pertama, Klik Start> run> ketik service.msc.
  • Kedua, cari print Spooler klik kanan dan pilih properties.
  • Ketiga, dibagian start up type pilih automatic,
  • lalu klik start. (untuk lebih lengkapnya baca disini : 3 cara mengatasi local print spooler service is not runing )

Kedua adalah cek driver printer, untuk pengecekkan driver kita dapat cek di device manager, atau juga bisa lihat di devices and printer, apabila belum terdapat seri printer yang rusak tersebut berarti driver belum terinstall, anda dapat install dahulu. Bila telah terinstall tetapi masih tidak terdeteksi juga silahkan coba untuk menginstall ulang driver pada laptop ataupun Komputer kamu.

Ketiga adalah cek kabel usb. Kabel USB juga sering kita abaikan ketika pengecekan dengan kasus seperti ini, anda dapat mencoba dengan kabel USB yang lain

Keempat adalah melakukan pengecekkan printer dengan cara membongkar printer, dan lakukan analisa seperti gambar di bawah ini

Baca Juga : Cara Instal Driver Printer LX 800 dan LX 300 di windows 7

Usb Port Printer Yang Tidak Terdeteksi

Gambar di atas menunjukan skema dari komputer menuju ke motherboard printer dengan sambungan USB. Untuk pengecekan anda dapat menggunakan multimeter dan tunjukkan probe ke gambar dioda, Cek satu persatu sesuai gambar di atas, jika ada salah satu yang tidak terkoneksi, berarti printer konektor rusak. Anda dapat menggantinya dengan yang lain.

Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan pembaca lainnya. Demikian Tips Memperbaiki Usb Port Printer Yang Tidak Terdeteksi Komputer, semoga dapat memberikan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *