Setelah Ganti IC Eprom/Reset Canon G2000 Kedip-Kedip Hijau

Blinking Hijau setelah Ganti IC Eprom – Assalamu’alaikum, selamat pagi teman-teman semua, lama tidak membuat postingan di blog ini kebetulan hari ini datang servisan printer canon dengan keluhan error 5B00 atau kode error 5b00 terkadang juga error 5200. Kode semacam itu berarti printer sudah melewati batas memori/eprom yang telah ditentukan sehingga membutuhkan resetter printer canon G2000.

Sebelum melakukan reset printer canon G2000 menggunakan software service tool, printer harus terlebih dahulu masuk ke mode service seperti pada jenis atau seri printer pada umumnya yaitu dengan cara menekan tombol Stop dan tahan kemudian baru menekan tombol power dan ditahan juga jangan dilepas dahulu, setelah itu lepas tombol stop dan pencet sebanyak 5 kali bisa juga 6 kali dan lepaskan semua, indikator lampu pada panel akan menyela hijau dan printer siap diseret menggunakan software resetter canon G2000.

Cara Reset Printer Canon G1000, G2000, G3000 dan G4000 selengkapnya teman-teman bisa baca disini, disitu juga bisa sekalian Download Resetter canon G2000 Full Version Gratis

Akan tetapi pada kasus ini printer canon G2000 tidak dapat masuk save mode dikarenakan file Eprom mengalami kerusakan sehingga membutuhkan penggantian IC Eprom atau IC Reset printer canon G2000.

Cara Mengganti IC Eprom/Reset Printer Canon G2000

  • Langkah pertama adalah buka sekrup atau baut yang ada dibelakang printer dan jumlahnya ada dua buah kemudian lepaskan tutup belakang printer.
  • setelah tutup belakang terbuka selanjutnya buka penutup samping kanan atau yang ada fron panelnya dengan cara mencongkel pengaitnya yang ada beberapa buah, penutup samping ini tidak mengguanakan baut.
  • Langkah selanjutnya adalah mengambil motherboard printernya namun perlu hati-hati dikarenakan harus mencopot banyak kabel yang terpasang, apabila teman-teman takut lupa posisi kabelnya alangkah baiknya sebelum membongkar terlebih dahulu difoto agar nanti kalau lupa bisa melihat posisi sebelum dibongkar.
  • Langkah berikutnya adalah siapkan timah, fluk dan solder 40 atau 60 watt jangan terlalu panas takutnya IC nya malah rusak. Copot IC Eprom yang ada dibawah motherboard dengan terlebih dahulu mengolesinya dengan fluk dan lakukan pergantian dengan hati-hati.
  • Setelah pergantian suskses pasang kembali motherboard pada printer dan lakukan pengetesan.

Printer Canon G1000/G2000/G3000 Blinking Hijau Setelah Ganti IC

Sebelum melakukan pergantian IC Reset canon G2000 sebaiknya periksa atau teliti terlebih dahulu seri IC nya dikarenakan printer canon seri G ini ada dua jenis yaitu Model IC Eprom T16 dan T08, karena kalau samapai salah menggantinya printer akan tetap blink atau bahkan mati total dikarenakan perbedaan file didalamnya.

Setelah pergantian IC printer nyala normal akan tetapi kemudian ternyata printer canon G2000 mengalami blink lampu indikator kedip-kedip hijau secara terus menerus bahkan kalau dibiarkan bisa berjam-jam. dan setelah saya matikan dan menghidupkan kembalipun terjadi hal yang sama. akhirnya saya mencoba memencet tombol stop beberapa saat dan menahannya ternyata printer melakukan kalibrasi atau maintenance dan printerpun kembali normal.

Berikut tampilan pada layar monitor ketika printer mengalami blinking hijau “The printer is performing another operation”.

 

kesimpulannya adalah setelah pergantian IC ternyata printer mengalami run out yaitu pendeteksian ulang katrid yang sudah terpasang sehingga memerlukan resume.

Cara Memperbaiki Printer Canon G1000, G2000, dan G3000 Run Out adalah Pencet dan tahan tombol stop pada printer (segitiga merah) kurang lebih sekitar 10 detik kemudian lepaskan dan apabila masih tetap blinking hijau lakukan sekali lagi, ini dikarenakan printer canon menggunakan dua catrid yaitu hitam dan warna.

Demikian pengalaman saya hari ini yaitu etelah Ganti IC Eprom/Reset Canon G2000 Kedip-Kedip Hijau, bila teman-teman mengalami hal yang sama mungkin cara diatas juga bisa diterapkan. semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *