Reseter Epson L4150 L4160 Full Gratis

Reseter Epson L4150 L4160 Full GratisReseter Epson L4150 L4160 digunakan untuk memperbaiki error waste ink pad is full atau service required yang disebabkan oleh penuhnya memori IC Eeprom Printer Epson sebagai penghitung semua aktifitas yang dilakukan oleh printer baik itu pengeprinan ataupun pembersihan atau cleaning. IC ini kapasitas memorinya terbatas sehingga apabila sudah hampir penuh sekitar 95% atau bahkan sudah penuh maka printer tidak dapat melakukan pencetakan dengan ditandai dengan blink lampu indikator berkedip-kedip.

Namun tidak semua blinking atau lampu berkedip pada printer epson ini dapat diperbaiki menggunakan software reseter, karena kode semacam itu banyak penyebabnya misal general error, paper jam, fatal error atau yang lainnya. Akantetapi software ini dapat kita gunakan untuk mendeteksi bagian mana yang menyebabkan printer mengalami error serta dapat juga untuk memback-up file ic untuk dipergunakan apabila suatu saat file ini mengalami corrup.

Baca Juga : Cara Reset Epson L405 Lampu Berkedip

 Penyebab Printer Epson L4150 L4160 Harus Direset

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa printer ini mempunyai IC yang tugasnya mencatat kegiatan pengeprinan, sehingga semakin sering printer digunakan untuk mencetak maka semakin cepat pula printer ini minta direset. Saat kapasitas memori hampir penuh maka akan ada pemberi tahuan dari printer dengan memunculkan notifikasi pada layar komputer pc atau laptop yang terhubung langsung dengan printer Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life atau seperti peringatan ini “bantalan tinta sudah penuh” (waste ink pad is full).

Kenapa peringatannya adalah bantalan tinta yang sudah penuh bukan memori penuh, ini semua karena setiap proses printing dan juga cleaning yang dicatat oleh IC  akan menghasilkan sampah tinta yang ditampung oleh box pembuangan yang disebut waste ink pad. dan apabila sisa tinta ini sudah penuh dan tidak dibuang maka akan meluber dan membahayakan printer dan bisa menyebabkan konsleting. Kapasitas memori sudah di perhitungkan sedemikian rupa sehinga apabila penuh kemungkinan pembuangan tinta juga akan penuh. Jadi walaupun kita membuat pembuangan tinta tambahan atau external maka error waste ink pad is full akan tetap muncul saat ic nya juga full.

Indikasi Printer Epson L4150 L4160 Service Required

  • Pada saat printer dihidupkan maka akan langsung blink lampu tinta dan kertas berkedip
  • Tidak ada pergerakan printhead yang pada waktu normalnya setiap kali dihidupkan printer akan melakukan proses cleaning
  • Printer tidak dapat melakukan proses pengeprinan
  • Keluar error The Printer’s Ink Pads at the end of Their service life pada layar

Baca Juga : Cara Reset Epson L1110 Berkedip Menggunakan Software

Cara Reseter Epson L4150 L4160 Dengan Software Adjustment Program Gratis

Berikut langkah-langkahnya

  • Siapkan terlebih dahulu adjusment programnya atau reseternya. Bagi yang belum punya silahkan unduh terlebih dahulu, saya sediakan link unduhan pada akhir artikel ini
  • Seperti biasa semua file yang saya sediakan dalam bentuk rar atau terkompresi agar file tidak rusak atau terlindungi dari virus, tapi biasanya file reseter terbaca sebagai virus hehe.. untuk itu setelah download extrak terlebih dulu menggunakan winrar atau aplikasi kesayangan anda dan usahakan menggunakan yang terupdate agar prosesnya tidak error.
  • Buka foldernya dan klik dua kali file adj.prog 

adjustment program epson l4150

  • Selanjutnya pilih select untuk memilih jenis printer yang digunakan, dan pada pilihan port bisa dibiarkan auto akan tetapi untuk menghindari error sebaiknya pilih port usb yang terhubung. kemudian pilih Particular Adjustment mode
  • Pada menu berikutnya yang keluar pilih pada Waste ink pad counter maka pada tahap ini akan ada 2 pilihan tombol yaitu Check dan Initialize. kedua tombol ini mempunyai fungsi yang berbeda yaitu tombol check digunakan untuk melihat jumlah point atau memori yang telah digunakan berapa persen sementara tombol Initialize digunakan untuk mereset printer. Jika ingin langsung mereset printer tanpa ingin mengetahui jumlah penggunaanya silahkan centang pada Main Pad Counter dan juga pada Platen Pad Counter kemudian klik pada Initialize untuk melakukan resetnya. Setelah itu akan keluar box informasi silahkan klik OK.
  • Tunggu saja proses resetnya, biasanya kalau lancar hanya akan membutuhkan waktu kurang dari satu detik.
  • Setelah proses resetnya selesai maka akan muncul perintah untuk mematikan printer. Silahkan matikan printernya kemudian hidupkan kembali.

Sekian artikel Cara Download Reseter Epson L4150 L4160 Full Gratis semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *