Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)

Cara Memperbaiki printer canon ip2770 Paper Jammed yang ditandai dengan lampu indikator printer mengalami blingking orange 3x dan hijau 1x. Sebelum membahas tentang cara Repair Canon IP2770 Paper Jam sebaiknya kita ketahui dulu beberapa kode error yang sering terjadi pada printer seri ip2770 ini

Beberapa kode kesalahan yang ada pada printer Canon seri IP2770 adalah sebagai berikut :

  1. Blink 3x orange dan kemudian lampu hijau nyala, ini menandakan kerusakan pada mekanik pada umumnya, akan tetapi lebih sering terjadi kerusakan pada sensor kertas.
  2. Blink 4x lampu hijau nyala terus. Kerusakan pada perintah software menyatakan full “The ink absorber full. Contact the service centre.” Solusinya mudah hanya tinggal tekan tombol resume sekitar 10 detik atau sampai terdengar bunyi mesin printer gludak-gluduk lalu lepaskan tombol resume tersebut. Setelah itu biasanya blink 4x akan langsung hilang dan printer canon teman-teman akan langsung normal kembali.
  3. Blink 5x dengan lampu hijau nyala terus. Kerusakan pada katride hitam / warna bisa jadi hanya kotor bagian belakang katridge yaitu kuningan kotor. Fungsi dari pin kuningan ini adalah mempertemukan antara penerima pembaca katride kepada konektornya. dan apabila kuningan itu hanya kotor mungkin masih bisa dibersihkan akan tetapi apabila setelah dibersihkan tetap blink solusinya adalah ganti katridge.
  4. Blink 7x lampu hijau nyala terus ini biasanya sering terjadi pada tipe printer canon ip1980. Jarang sekali terjadi pada canon ip2770. Masalah pada katridge.
  5. Blink 8x lampu hijau nyala terus artinya ink tank full solusinya memerlukan software resetter.
  6. Blink 14x atau 15x lampu hijau nyala terus berarti tanpa basa-basi katridge pada printer rusak biasanya katridge hitam paling sering jika blink antara 14x atau 15x. Ganti katridge.
  7. Masalah lainnya adalah jika akan melakukan cetak atau print dokumen dan kelihatannya printer normal namun ketika akan proses pengeprinan berjalan kemudian muncul blink. blink itu artinya dikenal dengan istilah “Run Out”. Solusinya adalah cukup dengan tekan tombol resume sekitar 20 hingga 30 detik kemudian lepaskan tombol resumenya. Setelah itu biasanya printer normal kembali. Jika perlu diulang 1x lagi apabila setelah melakukan tekan tombol resume selama 20 hingga 30 detik tadi belum berhasil karena printernya terdapat 2 catrid.

Baca juga Canon MP287 Error E03, Analisa Kerusakan dan Cara Memperbaikinya.

Berikut Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Paper Jam Blinking 3x

  • Bongkar casing printer terlebih dahulu caranya sangat mudah tinggal buka sekrup 2 didepan samping kiri dan samping kanan, dan 2 lagi diatas yaitu samping kiri dan samping kanan juga. untuk melihatnya buka tutup casingnya. lihat didepan ada 1 sekrup dikiri dan dikanan dan diatas posisinya sebelahan dengan lampu power diatas dikit posisi sebelah kanan dan yang satunya disebelah kiri. selanjutnya angkat perlahan maka casing akan sedikit terbuka dan dibelakang ada pengunci buka dengan menggunakan obeng min disitu ada petunjuknya tanda panah kebawah.
  • Jika printer sudah terbuka casingnya kemudian kita cari sensor kertas yang letak posisinya ditengah. lihat gambar
Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)
Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)

ini adalah posisi gambar sensor kertas bila rusak yang menyebabkan printer peperjam/blinking pada lampu kuning 3x berkedip dan lampu hijau tetap menyala. Untuk mengujinya bisa dicoba cabut kabel sensor nya dan nyalakan. maka lampu kuning tidak berkedip-kedip lagi. maka segera diganti dengan yang baru atau bekas yang penting masih normal.

Demikian Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x) semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *