Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

Ink Cartridges Cannot be RecognizedPrinter Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi – Penggunaan printer dalam jangka panjang atau penggunaan dengan frequensi yang tinggi suatu saat pasti printer akan mengalami masalah dan mogok blinking sehingga printer tidak dapat lagi digunakan untuk mengeprint. Akan tetapi untungnya dari pihak produsen printer sudah menyertakan kode error yang dapat mempermudah bagi para penggunanya untuk dapat menganalisa kerusakan apa yang sedang terjadi pada printernya sehingga apabila kerusakan yang terjadi adalah tergolong ringan maka dapat memperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service centre ataupun ke bengkel printer.

Kerusakan atau error yang sering terjadi pada printer epson terutama keluaran lama seperti C90 T11 T20 dan juga seri Epson TX adalah tidak terdeteksinya catrid ditandai dengan lampu indikator menyala merah disertai dengan keluar notifikasi pada layar monitor komputer pc atau laptop yang terhubung dengan printer dengan gambar catrid tinta epson disilang.

Printer Epson C90 T11 T20 Catrid Tinta Silang, Bagaimana Cara memperbaikinya ?

Sebelum kita membahas tentang cara memperbaiki printer epson t20e C90 T11 TX121 catarid silang tidak terdeteksi lebih dulu kita mengetahui gejala apa saja yang keluar, berikut indikasinya.

  • Pada saat printer ini dihidupkan maka akan otomatis melakukan cleaning seperti pada umumnya printer namun setelah itu timbul lampu hijau dan merah menyala berkedip
  • Keluar notifikasi pada layar komputer/laptop yang terhubung dengan printer pada saat melakukan pencetakan yaitu berupa gambar catrid yang disilang merah bisa catrid merah, kuning, biru atau hitam bahkan bisa semuanya serta Ink Cartridges Cannot be Recognized

Baca Juga : Printer Epson L3110 Bunyi Keras

Cara Service Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

Untuk memperbaikinya anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini

Chip atau Konektor Catrid
Apabila catridnya masih menggunakan yang original langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membersihkan chip kuningan yang menghubungkan antara catrid dengan konektor rumah catrid hal ini dilakukan karena biasanya pada bagian ini kalau sudah kotor baik itu terkena tinta atau yang lainnya dan juga bisa karena karatan atau korosi dapat menyebabkan catrid tidak terdeteksi oleh Motherboard Printer Epson C90 T11 T20 TX121.
Untuk membersihkannya bisa menggunakan tisu atau kain yang dikasih alkohol kemudian gosokan pada bagian chipnya sampai benar-benar bersih atau anda juga dapat membersihkannya dengan cara mencucinya dengan terlebih dahulu melepas chip dari tabung catridnya. apabila setelah digosok dan dicuci tidak bersih juga bisa menggunakan cutter untuk membersihkannya.

Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

Pasang kembali katrid ke printernya tetapi pastikan terlebih dahulu kalau katrid sudah kering apabila sebelumnya sudah dicuci dikarenakan jika belum kering sudah dipasang malah akan menimbulkan masalah baru yaitu sort atau terjadi konleting yang menjadikan printer rusak lebih parah.
Setelah katrid dipasang silahkan coba lakukan pengetesan dan jika saat uji coba printer masih mengeluarkan kode alarm indikator lampu tinta menyala coba ganti katrid atau ganti chip yang masih bagus dan lakukan kembali pengetesan. apabila ternyata masih juga belum hilang errornya lakukan cara berikutnya

Bersihkan Konektor Pada Tempat / Rumah Catridge

Untuk membersihkan konektor ini lakukan langkah seperti pada membersihkan chip catridge yaitu menggunakan tisu atau kain yang kasih alkohol, penggunaan alkohol bertujuan agar saat membersihkannya cepat kering tidak seperti menggunakan air. Tetapi untuk melakukannya perlu hati-hati karena pada konektor ini rawan patah atau rusak. Agar lebih mudah pada saat membersihkannya hendaknya bagian konektor ini dicopot saja dari  tempatnya, dengan begiru bagian dalam jadi bisa dibersihkan juga.

Setelah bagian luar dan dalam dibersihkan dan pastikan juga kalau sudah kering maka pasang kembali ketempatnya kemudian pasang juga juga cartridge untuk melakukan pengetesan. jika setelah melakukan pengetesan lampu indikator tinta sudah tidak menyala kedip merah berarti sudah berhasil namun jika masih juga keluar coba lakukan pergantian konektor nya atau juga bisa melakukan langkah berikutnya

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer Epson Error Initial Ink Charging is Not Complete

Cara Manual Reset Chip Catridge Epson

Setelah melakukan dua langkah diatas printer epson t20e C90 T11 TX121 masih juga mengalami error tidak bisa mengeprint lakukan Reset Chip Catridge, hal ini dilakukan apabila printer sudah menggunakan catrid kompatibel atau sudah melakukan modifikasi infus karena biasanya catrid infus epson isi pada chipnya sudah disediakan reseter manual.

Cara Reset Chip Catridge Epson secara manual ini yaitu dengan menekan tombol reset yang telah disediakan selama beberapa detik dilanjutkan dengan menekan tombol yang menyala merah maka catridge akan melakukan pergerakan namun berhenti ditengah, pada saat catridge ini berhenti maka akan menunjukan catridge mana yang bermasalah kemudian langkah berikutnya yaitu menekan kembali tombol resetnya.

Apabila catridge yang tidak terbaca lebih dari satu maka lakukan langkah diatas sejumlah catridge yang error itu maka, setiap kali menekan tombol resetnya maka catridge akan  melakukan pergerakan hingga akhirnya rumah catrid atau printhead epson t20e C90 T11 TX121 parkir disebelah kanan.

Kabel Flexible Headprint

Kerusakan yang terjadi pada kabel flexible ini juga dapat menyebabkan hal tersebut, untuk pengecekan kabel ini adalah menggunakan alat ukur avo meter. untuk melakukannya memang dibutuhkan kesabaran karena kabel ini mempunyai banyak jalur. abila ada satu jalur saja yang putus maka lakukan saja pergantian karena sangat susah untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Cara Service Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Motherboard Printer Epson

Untuk langkah pengecekan mainboard ini memang tidak dianjurkan untuk yang masih awam atau pemula tapi jika mau mencoba untuk belajar memperbaiki kerusakan printer secara mandiri juga tidak masalah. Langkah awal untuk melakukannya tentu saja kita harus membongkar printernya untuk mengambil boardnya, untuk tutorial cara membongkar printer epson t20e bisa ikuti cara singkat berikut

Cara Bongkar Casing Printer Epson T20
Lepas 2 buah baut yang terletak di belakang printer.

Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

Setelah baut terlepas berikutnya lepas pengait atau pengunci casing yang ada di sisi kanan dan kiri printer, gunakan obeng min untuk mencongkelnya.

cara bongkar casing epson

Bagian pengunci juga ada di belakang tray tempat kertas (paper feeder), disitu terdapat 4 buah pengait. Untuk mencokelnya perlu hati-hati agar tidak sampai patah. Selajutnya geser saja ke arah depan printer utuk melepas kannya.

Cara bongkar casing epson t20

Selanjutnya setelah casing berhasil dibuka, tinggal melepas boardnya.

Baca Juga : Cara Bongkar Casing Printer Epson TX121

Perhatikan pada gambar dibawah ini, pada bagian yang saya lingkari kuning itu adalah “sekring atau fuse ” yang mempunyai simbol F, ketika sekringnya putus maka akan menyebabkan catridge epson tidak bisa terdeksi walaupun telah diganti dengan catridge yang baru sekalipun. Untuk bisa mengetahui ataupun sekedar mengecek apakah fuse itu putus atau tidak dapat menggunakan alat Multitester dengan OHMmeternya atau avo meter, apabila dalam pengukuran tidak menunjuk angka nol berarti fusenya putus.

Motherboard printer epson

Apabila setelah diukur sekring ini menunjukan telah putus maka ganti saja dengan yang baru atau bisa juga diambilkan dari board yang rusak tetapi sekring masih bagus atau istilahnya adalah kanibal, atau sebagai alternatif juga bisa dijumper menggunakan kabel serabut akan tetapi hal ini tidak disarankan dikarenakan jika suatu saat terjadi konsleting maka kerusakan yang ditimbulkan akan lebih parah dan fatal.

Kerusakan atau putusnya sekring fuse ini juga dapat mengakibatkan printer epson tintanya tidak keluar dan tidak ada hasil saat melakukan pencetakan.

Sekian Cara Memperbaiki Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi, semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *