Printer Epson L3110 Paperjam dan Cara Memperbaikinya

Assalamu’alaikum teman-teman semua, kali ini saya akan membuat postingan tentang Printer Epson L3110 paperjam yaitu printer mengalami kerusakan tidak bisa menarik kertas atau kertas berhenti ditengah dan tidak mau keluar.

Bagi teman-teman yang kesehariannya bekerja menggunakan printer tentu Kerusakan semacam itu sering mengalaminya, dan itu bisa terjadi pada printer Epson, Canon maupun HP. Memang kerusakan semacam itu bisa sangat menjengkelkan bila terjadi saat kita dikejar dead line, waktu sudah mepet, kerjaan masih banyak malah printernya ngambek tidak bisa ngeprin.

Jika dokumen yang akan kita cetak hanya berapa puluh lembar mungkin kita bisa menggunakan jasa percetakan akan tetapi jika dokumen yang akan diprint cukup banyak maka kita akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tentunya. Dibawah ini akan saya tulis beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan serta solusinya.

Penyebab Paperjam Pada Printer Epson L3110 L1110 L3150

Dari pengalaman kami memperbaiki printer yang mengalami kerusakan : printer macet tidak bisa narik kertas ataupun bisa narik kertas tapi berhenti ditengah-tengah printer dan juga kertas yang keluar malah jadi kusut, ada beberapa faktor penyebab dari semua itu diantaranya adalah

  1. Jalur atau tempat masuknya kertas terhalang sesuatu. benda-benda yang sering kami temui adalah steples, uang koin, ballpoint, karet gelang, bahkan makanan ringan juga sering sekali masuk kedalam printer sehingga menghalangi masuknya kertas. solusinya adalah bersihkan jalur kertas dengan cara memiringkan printer untuk membuangnya atau kalau perlu bisa dibongkar printernya.
  2. Karet ASF Roller Penarik Kertas sudah aus, hal ini terjadi karena printer sudah digunakan dalam waktu yang lama, bisa juga karena pemakaian printer yang sudah banyak sehingga karet aus atau tipis. solusinya adalah ganti asf roller yang baru.
  3. ASF Roller kertas bagian bawah yang mengunci dikarenakan terjadi kerusakan atau patahnya per yang terdapat didalam roller penggulung kertas (paper feed) bagian bawah. solusinya ganti yang baru.
  4. Gear ASF Roller mengalami kerusakan atau patah serta rontoknya sebagian gerigi. Kerusakan ini terjadi biasanya dikarenakan kesalahan penggunaan atau faktor manusia. Hal fatal yang sering sekali dilakukan adalah menarik kertas dari arah atas dengan kuat dan keras ketika terjadi kertas nyangkut atau berhenti ditengah-tengah. seharusnya apabila terjadi hal tersebut kertas ditarik dari depan atau bawah secara perlahan-lahan dan tentunya hati-hati. Apabila tidak memungkinkan untuk menarik kertas dari depan maka bisa dari atas dengan catatan dilakukan dengan pelan. solusinya adalah ganti Gear ASF Roller Epson L3110 L1110 L3150.
  5. PF Paper Feed atau motoran penarik kertas mengalami kerusakan.
  6. Sensor kertas atau Mainboard printer Epson L3110 mengalami kerusakan.

Dari beberapa faktor diatas yang dapat menyebabkan printer mengalami error paperjam pada printer epson L3110 hal yang sering sekali terjadi adalah dikarenakan Gear ASF Roller mengalami kerontokan pada geriginya.

Demikian postingan kali ini tentang Printer Epson L3110 yang mengalami Paper jam semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. dan solusi diatas bisa diterapkan kebeberapa seri printer epson diantaranya L3110 L1110 L3150.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *