Printer Canon MG2570s Bunyi Keras dan Tidak Bisa Narik Kertas

Cara memperbaiki Canon MG2570s Bunyi Keras – Indikasi awal dari kerusakan ini adalah saat printer dinyalakan tidak ada tanda-tanda kerusakan apapun, akan tetapi setelah printer canon ini diperintah untuk mencetak dokumen atau hanya sekedar tes print maka printer akan mengalami error berupa tidak bisa menarik kertas yang kemudian ass/penarik kertas printer seperti menggulung dengan cepat disertai dengan bunyi yang keras.

Printer Canon Seri MG ini memang sedikit berbeda dengan printer-printer canon seri lainnya, perbedaan ini terletak pada sistem pembuangannya atau maintenance yang sangat mirip dengan printer yang diproduksi oleh HP. Pada umumnya printer canon sistem pembuangannya adalah berupa pompa yang akan menyedot sisa-sisa tinta yang tidak terpakai saat proses pencetakan atau pada saat melakukan maintenance kemudian dibuang kepenampungan yang telah disediakan, akan tetapi printer canon seri MG ini sistem pembuangannya hanya berupa bantalan tempat parkir catrid dan cara pembersihannya pun bukan disedot akan tetapi digesek dan tidak mempunyai penampungan khusus untuk sisa tinta sehingga rawan terjadi banjir.

Bunyi keras atau printer seakan-akan menarik kertas dengan cepat disertai dengan bunyi yang keras pada printer canon pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah

  1. Timing disk atau sensor bulat yang letaknya sebelah kiri printer. seperti yang sudah saya jelaskan diatas dikarenakan sistem pembuangan tinta yang kurang bagus maka tinta akan sangat mudah mengotori Timing disk ini, apabila sensor ini terkena tinta maka akan menutupi kode yang ada pada timing disk sehingga tidak terbaca sehingga penarik kertas akan berputar tidak terkendali.
  2. Encoder atau sensor / pita panjang yang letaknya melintang dibelakang tempat catrid. encoder ini juga kalau terkena cipratan tinta atau kotor bisa menyebabkan printer mengalami error dan juga akan mempengaruhi hasil cetak yang kurang bagus. dan kalau kerusakan encoder yang sudah parah misal sampai mengelupas maka tempat catrid akan menabrak kekiri dan kekanan secara keras.
  3. Mekanik. Letaknya ada disebelah kanan printer bagian bawah.

 

Cara Memperbaiki Bunyi Keras Pada Printer Canon MG2570s

Pada kasus yang saya alami ini printer canon mg2570s ini pada saat untuk mencetak, kertas masuk sebagian kemudian printer akan mengalami error yaitu seperti menarik kertas dengan sangat cepat disertai dengan bunyi keras glok glok glok secara terus-menerus.

Langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki printer ini adalah saya mengecek komponen yang telah saya sebutkan diatas dengan cara membongkar printer terlebih dahulu. Setelah saya cek sensor encoder dan timing disk masih bagus dan bersih kemudian saya cek bagian mekanik atau gear dan ternyata mengalami kerusakan atau sudah aus. Setelah saya ganti dengan yang baru printer pun berjalan dengan normal. Untuk cara membongkar printer canon seri MG ini teman-teman bisa ikuti langkah-langkah berikut

Cara membongkar printer canon mg2570s

  • Langkah pertama ini teman-teman harus membuka dua baut yang letaknya dekat dengan penutup kertas dan jangan lupa untuk mencopot penutup kertasnya juga.
  • setelah itu buka juga tutup pada panel atau yang ada tombol power beserta indikator lampunya dengan cara mencongkel bagian samping kemudian tarik keatas.
  • setelah penutup panelnya terbuka lepas kabel yang ke scaner dan juga kabel panelnya.
  • Langkah berikutnya adalah melepas scaner dengan cara dorong dari depan scaner kearah belakang dengan agak keras untuk melepaskan pengaitnya.
  • Untuk membuka atau mencopot gear mekanik terlebih dahulu teman-teman harus mencopot motherboardnya dan beberapa kabel yang terpasang. apabila takut lupa posisi dan tempatnya saat memasangnya kembali alangkah baiknya sebelum dicopot teman-teman foto terlebih dahulu.

  • Setelah berhasil mencopot mainboard, langkah selanjutnya adalah membuka tempat catridnya dengan cara membuka 4 baut dan juga PER yang ada disebelah kiri bagian dalam.
  • Setelah semuanya terbuka langkah berikutnya adalah mencopot gear mekanik yang ada dibagian kanan printer dengan cara mencopot baut dan juga melepaskan pengait yang menghubungkan ke tuas pendorong kertas.
  • Ganti gear mekanik yang bermasalah dengan yang baru atau bekas tapi masih bagus. bisa juga dikanibal dengan seri MG yang lainnya atau IP2870.
  • Langkah terahir adalah merakit printer kembali dan ujicoba printer.

Sekian postingan kali ini tentang Cara memperbaiki Printer Canon MG2570s Bunyi Keras dan Tidak Bisa Narik Kertas semoga bermanfaat dan apabila dalam penulisan banyak salah dan bahasanya sulit dipahami saya mohon maaf. assalamu’alaikum.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *