Penyebab Printer Menjadi Offline dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Printer OfflineCara menyalakan printer Yang Offline / Note Ready – Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab Printer Canon, Epson atau HP menjadi offline / disconnect, Diantara sekian banyak penyebabnya adalah konektivitas (kabel) yang sudah rusak terutama pada jaringan sehingga printer yang disharing status offline, paper jam / kertas nyangkut, out of paper, serta berbagai masalah hardware lain. Adakalanya printer juga bisa menjadi offline dikarenakan masalah pada driver printer baik karena terjadi file corrupt karena virus atau juga malahan belum terinstal pada komputer atau laptop. Yang harus anda selesaikan terlebih dahulu adalah permasalahan pada printer, setelah itu biasanya status printer anda secara otomatis akan langsung berubah menjadi online. Namun ada juga pada beberapa kasus, anda harus menseting printer secara manual agar statusnya Online.

Penyebab Printer Epson, Canon, HP Menjadi Offline Serta Cara Jitu Memperbaikinya

Printer Offline Dikarenakan masalah pada kabel
ketika printer anda tidak merespon saat untuk mencetak, pastikan terlebih dahulu printer anda dalam keadaan menyala dan cek kabel printer. Kabel yang rusak, entah putus karena tidak sengaja terpotong, digigit tikus, ataupun karena usia pemakaian yang telah lama akan membuat laptop atau komputer tidak terkoneksi ke printer dikarenakan printer statusnya idle sehingga tidak dapat bekerja. Pemasangan kabel USB yang kurang tepat juga bisa menyebabkan printer not responding. Untuk itu pastikan terlebih dahulu kabel Usb printer yang anda pasang dalam kondisi tidak rusak serta terpasang dengan benar.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer Epson Error Initial Ink Charging is Not Complete

Penyebab Printer Offline Juga Bisa Disebabkan Karena Masalah Driver
Untuk memastikan apakah driver sudah terpasang atau belum silahkan pada Computer klik Kanan pilih Manage => Device Manager => Printer,  kalau disitu ada tanda seru berwarna kuning kemungkinan driver printer belum terpasang terinstall dan juga cek pula apakah printer memerlukan update diver. Apabila permasalahan memang ternyata penyebabnya adalah driver printernya yang mengalami corrupt, anda bisa mengatasinya dengan cara menginstall ulang driver printer anda.

Kemungkinan terakhir Penyebab dari printer Offline yang sangat tidak diharapkan terjadi pada printer anda adalah Kerusakan pada Hardware printer, baik itu disebabkan karena usia pemakaian ataupun Cara pemakaian yang tidak benar (human error) tentu akan menyebabkan printer offline. Penyebab utama dari printer yang statusnya offline kebanyakan karena kerusakan pada port usb printer.

Cara Mengubah Printer Offline Menjadi Online

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk Merubah Status Printer yang Offline menjadi Online pada Windows 10, Windows 8, Windows 7 dan juga Windows XP

Cara Membuat Printer Online Windows 10 dan 8

  • Pencet tombol Windows + I pada keyboard, kemudian buka menu Setting => Devices and Printer
  • Klik Printer.
  • Apabila status Printer dalam keadaan offline, maka gambar printer ada tulisan “Offline”. Begitu juga ketika Printer dalam keadaan online, maka statusnya pun yang keluar adalah “Ready”.
  • Klik kanan pada gambar Printer, kemudian pilih ‘See what’s printing’
  • Setelah itu kemudian akan keluar beberapa opsi, Silahkan klik saja dua kali pada opsi yang sama yaitu : ‘See what’s printing’
  • Langkah Selanjutnya Klik pada tab ‘Printer’ setelah itu akan ada dialog box yang keluar, langkah berikutnya hilangkan tanda centang pada opsi ‘Use Printer Offline’

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer Error Usb Port Tidak Terdeteksi / USB Device Not Recognized

Cara Menyalakan Printer Offline Pada Windows 7

  • Klik Start > Devices and Printer
  • Klik Printer.
  • Klik kanan pada gambar Printer, selanjutnya pilih ‘See what’s printing’
  • Setelah itu akan keluar kembali beberapa opsi, klik dua kali pada opsi yang sama yaitu: ‘See what’s printing’
  • Klik tab ‘Printer’ kemudian pada dialog box yang keluar hilangkan centang pada opsi ‘Use Printer Offline’

Pada windows XP dan vista

  • Klik Start > Printer and Fax
  • Klik Printer.
  • Klik kanan pada gambar Printer, kemudian hilangkan tanda centang pada opsi ‘Use Printer Offline’
  • Status printer juga akan berganti setelah anda merubah status printer menjadi online.

Demikian postingan kali ini tentang Penyebab Printer Menjadi Offline serta Cara Memperbaikinya, semoga dapat bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *