Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris

Printer inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta berbahan dasar air, cara kerjanya adalah dengan cara menyemprotkan tinta melalui nozle atau mulut semprot berupa titik-titik lubang yang sangat kecil pada kertas yang dijadikan tempat pencetakan. Berbeda dengan printer dotmetrik atau laser yang hasil cetakannnya bisa langsung kering, Hasil cetakan printer inkjet ini membutuhkan beberapa detik sebelum tintanya kering dikarenakan menggunakan tinta dye atau cair.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas printer inkjet ini menggunakan sistem nozle sehingga kerusakan yang sering terjadi adalah penyumbatan pada saluran ataupun mulut semprot atau bahasa umum yang sering dipakai adalah headprint pada printer epson dan Catrid untuk printer canon dan HP. Penyebab dari mampetnya head print ini biasanya diakibatkan banyaknya tumpukan tinta yang mengering pada saluran tersebut sehingga tinta yang dikeluarkan nozle sedikit (putus-putus) dan bahkan sama sekali tidak keluar (tidak ada tulisan yang tampil).

Solusi Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Melakukan Cleaning dan Deep Cleaning

Setiap printer biasanya dibekali fitur maintenance pada driver bawaannya termasuk Printer Canon. Fungsi dari fitur maintenance ini adalah untuk membersihkan headprint atau catrid dari sumbatan baik itu karena tinta yang mengering karena jarang dipakai atau bisa juga karena debu yang menempel pada headprint atau catrid. Pada Fitur maintenance ada dua macam yang bisa digunakan yaitu cleaning dan deep cleaning, Cleaning digunakan untuk membersihkan headprint bagian luar sementara deep cleaning atau pembersihan tingkat dalam digunakan untuk membersihkan saluran bagian dalam dan biasanya deep cleaning ini akan menyedot atau mengeluarkan tinta lumayan banyak saat proses pembersihannya. Namun cara ini hanya akan berhasil jika sumbatan yang terjadi tidak terlalu parah.

Cara Cleaning Printer Canon Paling Mudah

  • Pertama silahkan Klik Start > Devices and Printer di komputer anda
  • Cari printer yang akan anda cleaning / printer bermasalah yang terpasang pada komputer anda
  • Klik kanan pada driver printer kemudian pilihlah “printer properties”
  • Pada kolom printer properties pilihlah tab “maintenance” atau perawatan akan ada dua pilihan jenis pembersihannya yaitu “cleaning” untuk bagian terluar serta yang satu lagi “deep cleaning” untuk pembersihan tingkat dalam.
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Untuk pertama kali saya sarankan pilih “cleaning” saja. Kemudian akan muncul pilihan cartrid warna atau hitam yang ingin anda clening. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda kemudian klik “Exeute”
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Tunggu proses cleaning selesai, pada saat proses berlangsung anda dilarang menggunakan printer.
  • Setelah proses cleaning selesai, maka anda akan dikasih saran untuk mencetak hasil nozle atau tidak. saya sarankan untuk melihat nozle print nya, klik saja “print” dan lihat hasilnya
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Samakan dengan gambar yang ditunjukan di layar, apabila hasilnya sudah sesuai, berarti cukup dan anda bisa “exit”, namun apabila dirasa kurang, anda bisa ulangi sekali lagi dengan mengeklik “Cleaning”,

Apabila setelah menggunakan mode cleaning beberapa kali hasilnya tetap kurang memuaskan langkah berikutnya adalah menggunakan mode deep cleaning, tapi perlu di ingat menggunakan mode deep cleaning ini printer akan melakukan pembersihan tingkat dalam catrid dengan cara membuang atau menyemprotkan tinta yang lumayan banyak, sehingga jangan heran bila tinta anda akan berkurang secara drastis.

Apabila setelah dilakukan beberapa kali deep cleaning hasilnya juga kurang memuaskan, anda bila melanjutkan dengan cara berikutnya.

Cara Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris Dengan Alkohol atau Air Panas

sumbatan pada head catridge, akan menyebabkan tinta tidak dapat keluar, sehingga printer tidak dapat melakukan pencetakan, terutama pada printer canon yang lama tidak digunakan.
Berikut langkah-langkah membersihkan sumbatan pada head catridge:

  • Siapkan air hangat dalam sebuah wadah yang cukup besar untuk merendam catride. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan bahan kaca agar bekas tinta dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Siapkan tisu/ kain drill
  • Lepaskan dan keluarkan catridge dari printer
  • Rendam head carridge pada air hanget selama beberapa menit (yang direndam head catridnya atau bagian bawah catrid ya jangan merendam seluruh bagian catridnya entar malah konslet).
  • Setelah dirasa mencukupi, ambil kembali catridge. Sebagai indikator bahwa catridge sudah tidak lagi tersumbat, air akan berwarna – tercampur tinta yang kelaur dari catridge.
  • Bersihkan head catridge dengan perlahan dan hati-hati menggunakan tisu/ kain drill.
  • Angin anginkan hingga head benar-benar kering. Anda bisa mengoleskan alkohol untuk hasil lebih baik.
  • Pasang kembali catridge ke dalam printer dengan hati-hati.

Demikian Cara Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *