Mengatasi Error E02 Pada Canon MP287

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error E02

Pernahkah anda mengalami kerusakan pada printer Canon MP 287 yang mengalami error E02 atau paper jam atau dalam mengait kertas waktu akan di print tidak bisa masuk atau dalam mengait kertas hanya sebelah saja???

Kemungkinan kerusakan terjadi karena ada benda yang mungkin masuk kedalam bagian penarik kertas yang menyangkut di rollernya.
cek dengan cara masukkan beberapa kertas kemudian coba buat ngeprin, kalau kertas masuk hanya sebelah kanan, kemungkinan ada sesuatu yang mengganjal di sebelah kiri coba di cek, dan begitu pula sebaliknya, apabila kertas yang masuk sebelah kiri kemungkinan ada sesuatu yang mengganjal di sebelah kanan.

Mengatasi Error E02 Pada Canon MP287

Baca juga Canon MP287 Error E03, Analisa Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

Kemungkinan berikutnya adalah Paper loader bermasalah, bisa karet rollernya aus, atau asf patah.
kalau karet roller aus, ciri-cirinya ketika menarik kertas terlihat seperti slip, solusinya coba berikan kertas yang cukup banyak pada paper tray kemudian di coba lagi.
Kalau ASF/mekanik patah, ciri-cirinya suara printer akan terdengar kasar, solusinya ganti ASF/mekanik.

Pada kasus yang lain juga terjadinya tuas sensos yang patah dikarenakan pada waktu proses pengeprinan dokumen terjadi kertas berhenti ditengah kemudian kertas ditarik dari atas sehingga tuas sensor ikut tertarik kebelakang sehinga patah. seharusnya apabila terjadi kertas berhenti ditengah pada waktu pengeprinan cara mengambilnya ditarik lewat depan atau cabut kabel power /  listrik kemudian pasang lagi dan nyalakan printer, maka kertas akan keluar dengan sendirinya.

Baca juga Canon MP287 Error E03, Analisa Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

Mengatasi Error E02 Pada Canon MP287

Kerusakan error E02 pada printer canon MP237, MP258 dan MP287 atau Paper jam pada printer canon IP2770 yang paling sering terjadi adalah rusak atau matinya sensor kertas yang ada didekat roll penarik kertas yang ada ditengah printer, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah

paper jam

solusinya adalah ganti sensor kertas atau jika anda mempunyai keahlian dalam menyolder maka cukup ganti otocoupler atau sensor inframerah yang ada pada sensor kertas, karena rata-rata hanya optocouplernya yang mengalami kerusakan.

Demikian Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error E02 semoga bermanfaat

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *