Memperbaiki Printer Tidak Bisa di Set Default

Cara Memperbaiki Error 0X00000709: Can’t Set Default Printer – Tutorial kali ini aku bakal berbagi metode dalam menyelesaikan kasus error di printer. Salah satu permasalahan yang terkadang dapat terjadi yakni tidak dapat set default printer serta timbul pesan error 0X00000709.

error 0X00000709

Salah satunya pada saat mau melakukan print dari document office semacam excel, word dimana tidak munculnya opsi printer yang tidak dapat di set default tersebut.

Terdapat 2 metode dalam menangani permasalahan tersebut adalah membuat User Akun baru ataupun bermain di registry windows.

Metode Pertama:
Membuat User Akun Baru

  1. Buka Control Panel, kemudian pilih User Akun and Family Safety
  2. Setelah itu pilih User Akun, lalu pilih Manage another account
  3. Kemudian klik Create a new account
  4. Masukkan nama user akun kemudian pilih standard user buat user biasa ataupun pilih option administrator buat user admin, serta klik Create Akun.
  5. Nah user akun baru sudah sukses dibuat.
  6. Log off dari user akun lama serta Log in dengan user akun baru, setelah itu coba set default printer yang tadi mengalami error.
  7. Success !!

Metode Kedua :
Mengganti Registry di Windows
Saat sebelum melakukan ini lebih baik melakukan backup registry supaya bila terjadi error sewaktu pengeditan registry bisa dipulihkan kembali. Klik disini buat tutorial backup registry di windows.

  • Tekan tombol logo windows di keyboard bersamaan dengan tombol r( WIN+R) hingga kotak diskusi Run akan muncul.
  • Ketik “regedit” di kotak run serta klik OK
Run windows
  • Bila timbul prompt User Akun Control klik OK
  • Setelah itu halaman Registry Editor sudah muncul, setelah itu pilih HKEY_CURRENT USER
    Aplikasi
    Microsoft
    Windows NT
    Current Version
    Kemudian Windows
Regedit
Memperbaiki Printer Tidak Bisa di Set Default
Memperbaiki Printer Tidak Bisa di Set Default
  • Nah, dibagian panel kanan klik kanan di Device serta pilih Modify
  • Ganti value data pada box tersebut sesuai dengan nama printer yang error. Contoh HP LaserJet P1005, winspool, Ne01: diganti jadi Canon MP230 series, winspool, Ne01:

* Bila gagal ganti setting permission user terlebih dulu dengan klik kanan di folder Windows kemudian pilih permission setelah itu centang bagian“ Full Control” serta klik OK.

Pilih OK serta restart pc kamu.
Success!!

Memperbaiki Printer Tidak Bisa di Set Default
Memperbaiki Printer Tidak Bisa di Set Default

NB : Pada sesi ke 5 bila tidak ingin terlalu sulit buat rename/ modify nama printer juga bisa dicoba dengan menghapus bagian“ Device” dengan metode klik kanan di bagian“ Device” serta pilih delete setelah itu restart pc kamu. Success!!

Nah itu lah sebagian metode buat menanggulangi permasalahan yang terjadi pada saat tidak dapat set default printer serta timbul pesan error. Mudah- mudahan tutorial kali ini juga bisa menolong menanggulangi permasalahan tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *