Error 2000020A dan 20000010 Saat Reset Printer Epson

Printer Epson L Seris seperti L110 L210 L220 L300 L310 L120 dan yang lainnya ketika mengalami kesalahan service
required atau waste ink pad full maka harus dilakukan reset dengan software adjustment program agar printer dapat
digunakan kembali, bagi yang belum mempunyai reseternya bisa download disini, namun saat melakukannya tentunya tidak semuanya mulus terkadang saat melakukan reset terjadi masalah seperti Error 2000020A dan 20000010.

Error 2000020A dan 20000010

Lalu bagaimana cara memperbaiki Error 2000020A dan 20000010 saat reset printer epson ?

Penyebab yang menimbulkan terjadinya hal tersebut adalah dikarenakan koneksi antara komputer atau laptop dengan printer yang akan direset tidak begitu bagus, bisa karena pemasangan kabel yang kurang pas atau bisa jadi kabel yang sudah rusak, untuk mengatasi masalah usb port printer yang tidak terdeteksi atau terbaca komputer bisa baca disini. Berikut hal-hal yang dapat anda lakukan

  • Pertama periksa apakah printer sudah benar-benar terhubung dan terdeteksi oleh komputer atau belum, berikut cara mengeceknya

Cara Cek Koneksi printer pada Windows 7
Klik star kemudian pilih Devices and Printer, perhatikan apakah printer yang akan direset statusnya online apa
offline, apabila statusnya offline usahakan agar menjadi online anda bisa baca disini Cara menyalakan printer Yang
Offline / Note Ready

Cara Cek Koneksi printer pada Windows 10
Klik Start kemudian pilih Seting (gambar gear) selanjutnya pilih Devices dan terakhir buka Devices and Printer serta
pastikan printer dalam keadaan ready.

  • Setelah printer statusnya ready atau online, buka kembali reseternya serta pastikan bahwa reseter yang digunakan adalah memang untuk printer tersebut, karena tidak semua seri printer menggunakan reseter yang sama, biasanya satu reseter itu hanya untuk beberapa seri printer saja bahkan ada reseter yang hanya untuk satu seri seperti reseter printer epson L120.
  • Untuk reseter yang tidak support dengan printernya maka akan keluar error 21000068 hal ini terjadi karena firmware yang digunakan sudah diupdate sehingga memerlukan versi yang lebih baru lagi.
  • Jika masih juga terdapat error maka untuk membukanya dengan cara sebagai administrator jangan membukanya sebagai user caranya adalah klik kanan kemudian Run as Administrator
  • Bagi pengguna windows 10 terkadang program reseternya tidak support maka harus dibuka dengan windows XP caranya adalah klik kanan pada reseternya kemudian klik Properties, selanjutnya pada jendela yang terbuka pilih Compatibility kemudian centang kotak Run this program compatibility…. pilih Windows XP. Restart printer dan juga komputernya sekalian kemudian coba lagi.
  • Apabila masih gagal serta masih terdapat error 2000020A dan 20000010, coba lakukan dikomputer lain, karena bisa jadi komputer yang digunakan untuk mereset sudah terkena virus atau print spoolernya sudah hilang untuk kasus ini bisa baca disini.
  • Penyebab Error 2000020A yang paling parah adalah disebabkan karena rusaknya file yang ada pada IC Eeprom, sehingga waktu dilakukan reset file tidak bisa hilang, untuk memperbaiki hal ini dengan cara melepas IC yang ada pada motherboard kemudian flash menggunakan alat flasher seperti USB Programmer IC Eprom CH341A atau lainnya yang lebih bagus, tentunya harus mempunyai file backup eepromnya. Kalau tidak punya alatnya langsung ganti saja dengan IC yang sudah terisi program.

Sekian postingan kali ini tentang cara memperbaiki Error 2000020A dan 20000010 pada saat melakukan reset printer Epson L Series

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *