Epson L3110 Error Bunyi Keras

Pernah mengalami printer merek Epson seri L3110 mengeluarkan bunyi berisik seperti ada yang menabrak kekanan dan kekiri? tentunya itu sangat menjengkelkan bukan? ketika lagi banyak kerjaan atau tugas tiba-tiba printer Epson L3110 mengalami error, bagi yang mempunyai printer lebih dari satu itu mungkin bukan sebuah kendala tetapi bagi yang tidak mempunyai cadangan printer tentunya itu sebuah masalah.

Cara Memperbaiki Printer Epson L3110 Error / Bunyi Keras

Indikasi awal dari kerusakan ini adalah ketika printer dinyalakan Rumahan printhead langsung bergerak cepat dan seperti menabrak pada sisi printer kemudian lampu indikator printer menyala blink orange.

Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab printer mengeluarkan suara brisik atau keras, baik itu dari pabrikan printer Epson maupun Canon karena pada dasarnya cara kerjanya adalah sama, diantaranya adalah:

  1. Pita Sensor atau Encoder strip panjang :
  2. Kabel Flexible Sensor

Baca Juga : Printer Epson L3110 Paperjamd dan Cara Memperbaikinya

Untuk memulai memperbaiki printer epson seri ini sebaiknya lakukan dari yang paling ringan dulu yaitu mengecek kondisi dari encoder atau pita sensor apakah masih baik atau tidak.  Cara melihatnya adalah melalui depan printer buka bagian penutup / tarik kearah depan dan posisi pitanya melintang horisontal berada di belakang rumah headprint. Apabila strip yang ada pada pita sensor ini terkelupas atau tertutupi oleh kotoran, misalkan kena cipratan tinta dan mengering maka akan menghalangi sensor dalam pembacaan strip sehingga menyebabkan rumahan headprint atau carried unit berjalan tidak teratur dan hasil dari pencetakan akan berbayang dan juga apabila berupa tabel maka garis tidak akan bisa lurus.

Apabila kotoran pada Pita Encoder Strip Panjang sudah banyak dan parah bahkan sampai stripnya hilang maka rumah headprint atau caried unit akan berjalan sangat cepat dan menabrak pada samping kanan kiri printer.

Langkah berikutnya yang harus teman-teman lakukan adalah mengecek Kabel Flexible Sensor Epson L3110 masih bagus atau tidak, Kabel ini adalah yang menghubungkan antara sensor pembaca encoder dengan mainboard printer. Langkah ini memang lumayan susah, butuh keberanian untuk melakukannya dikarenakan perlu pembongkaran unit printer, teman-teman minimal harus bisa Cara Membongkar Printer Epson L3110.

Baca juga : Cara Reset Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Untuk cara membongkarnya adalah buka tutup depan printer dan disitu ada dua buah baut kanan dan kiri silahkan teman-teman buka dengan obeng plus, setelah baut keduanya berhasil dicopot silahkan angkat scanner printer epson L3110, selanjutnya copot kabel flexible scanner printer Epson L3110 dan juga kabel flexible panelnya, kemudian scanner dorong kesamping kanan.

Setelah scanner berhasil dilepas, langkah selanjutnya adalah mengecek kabel sensornya apakah masih bagus atau mengalamai kerusakan atau putus dengan cara mengukur dengan avometer.

Epson L3110 Error

Pada kasus yang saya alami kabelnya putus dua jalur sehingga printer epson L3110 mengeluarkan bunyi keras dan terjadi error blinking pada lampu indikator printer.

Demikian postingan cara memperbaiki printer epson L3110 error Bunyi keras, semoga dapat sedikit membantu teman-teman yang mengalami kejadian yang sama dan mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *