Cara Service Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok Warna warni dan terkadang juga hilang sebagian atau bahkan malah tidak ada hasilnya sama sekali. Hasil print yang ngeblok warna warni ini terkadang juga berpindan pindah dan tidak tetap posisinya kadang disebelah kanan, bisa disebelah kiri atau ditengah bahkan bisa ngeblok satu halaman penuh.Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Penyebab Hasil Printer Epson T11, T13, dan T20 Kotor dan Ngeblok Hitam atau Warna
Dari hasil pengalaman memperbaiki printer epson yang hasilnya ngeblok penyebab utamanya adalah karena kerusakan pada bagian kabel flexible printer dari mainboard ke Head print atau kabel headprint terkadang orang didaerah saya menyebutnya kabel slendang, sehingga proses pengiriman data atau perintah cetak dari motherboard terganggu. Kerusakan yang terjadi pada kabel headprint epson bisa disebabkan banyak hal diantaranya adalah

Baca Juga : Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar / Hasil Bergaris

Putusnya Kabel Flexible Printhead Epson
Kabel flexible printhead ini bentuknya pipih memanjang dan berisi banyak jalur, makanya ketika terjadi kerusakan atau putus ditengah tidak bisa terlihat dan untuk cara mengeceknya menggunakan multitester diukur satu persatu tiap jalurnya untuk mengetahui mana jalur yang terputus. dan untuk memperbaiki kabel ini menurut saya sangat sulit dan biasanya kalau kabel ini putus maka akan saya ganti dengan yang sama baik baru atau bekas.

Terjadi Korosi / Terkelupas Lapisan Kabel Flexible headprint
Terkelupasnya atau korosi pada lapisan kabel headprint juga bisa menyebabkan terjadinya hasil print jadi kotor atau
terjadi blok hitam ataupun warna pada hasil cetakan. terkelupasnya lapisan kabel printhead bisa disebabkan karena sudah sering dibongkar sehingga sering copot pasang kabel ke konektor head maupun yang ada di motherboard dan bisa juga dikarenakan usia printer yang sudah lama.

Cara memperbaiki Printer Epson T11, T13 dan T20 Hasil Print Ngeblok :

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kerusakan yang terjadi pada printer epson dengan hasil print berbayang, ngeblok dan juga kotor disebabkan karena kerusakan pada kabel printhead. Untuk memperbaiki kerusakan ini tentunya dengan mengganti kabel yang rusak dengan terlebih dahulu harus membongkar printer. Untuk cara membongkarnya teman-teman bisa mengikuti caranya dibawah ini:

Cara membongkar atau mengambil kabel Headnya

Bongkar Printer Epson T11/T13/T20 anda dengan membuka 2 sekrup dibelakang printer, kemudian buka pengaitnya dengan obeng min (3 pengait didepan, 1 pengait dikanan kiri dan 3 pengait dibelakang printer) semua posisi pengait sudah dikasih tanda dari pihak epsonnya. Setelah itu angkat penutup printernya kemudian ikuti langkah berikut ini untuk mengambil kabel datanya

Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Keterangan :
1. Lepas sabuk karet headnya
2. Lepas pengunci sabuk karet head
3. Lepas Sekrupnya
4. Lepas Sekrupnya
5. Lepas Sekrupnya
6. Lepas Sekrupnya
7. Lepas Sekrupnya
8. Ambil Motor penggerak rumah head dengan cara melepas kedua sekrupnya.
9. Langkah Ambil print headnya dengan cara menariknya ke arah samping kanan kita.

Kemudian ambil kabel flexible headnya :

Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok
Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Printer Canon Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus

Setelah kabel head bisa dilepas saran saya ganti dengan yang baru saja karena lebih bagus dan awet serta mudah untuk dipasang, akan tetapi kalau tidak ada pengganti kabelnya yang sama dan terpaksa harus memodifikasi maka cari kabel flexible yang jumlah jalurnya lebih banyak jangan yang sedikit, karena kalau jalurnya lebih banyak tinggal potong sisanya saja dan sesuaikan dengan jumlah jalur aslinya. sedangkan kalau jalur kabelnya lebih sedikit maka harus menambah jalurnya dan itu akan terasa lebih sulit.

Demikian Cara Service Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok, kotor dan berbayang, langkah diatas bisa diaplikasikan untuk banyak seri printer epson termasuk L series, R series, Seri T dan TX serta yang lainnya. sekian terimakasih semoga membantu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *