Cara Reset Manual Lampu Indikator Tinta Epson L210 Menyala

Apabila Lampu Indikator Tinta Epson L210 Menyala disertai dengan peringatan “It is time to reset the ink levels” salah satu sebabnya adalah tentunya dikarenakan tinta pada ink tank telah habis atau mendekati garis anjuran minimum tinta jadi secara otomatis printer akan mendeteksi bahwa tinta printer habis sehingga tidak sampai terjadi kehabisan tinta pada saat proses pengeprinan yang bisa membahayan Print Head epson L210, untuk memperbaiki trouble semacam ini teman-teman bisa melakukan Cara Reset Manual Printer Epson L210.
Akan tetapi kalau indikator yang menyala adalah lampu tinta dan kertas maka itu menandakan printer harus direset karena bantalan tinta sudah penuh atau memori IC Eprom Epson L210 sudah full dan harus direset untuk mengembalikan kesetingan semula. Untuk cara meresetnya teman-teman bisa baca di postingan ini Cara Reset Ink Waste Is Full Epson L110,L300,L350,L355

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Tinta Epson L210 Menyala
Langkah-langkah yang perlu dilakukan

Isi Tinta
Karena dari indikatornya saja sudah jelas menandakan bahwa tintanya yang bermasalah, permasalahan yang dimaksud di sini adalah habis ya, jadi teman-teman tinggal isi tinta yang habis atau kosong terlebih dahulu dan jangan lupa tinta printer harus sama dengan merk Printer tersebut atau pilih yang original terutama printer yang masih bergaransi agar nantinya apabila printer mengalami kerusakan yang serius bisa mengklaim garansi akan tetapi apabila printer sudah diisi dengan tinta kompatibel maka garansi akan hilang.

Reset Printer
Setelah mengisi tinta ke dalam ink tank sampai penuh pasti indikator lampu tinta printer akan tetap berkedip hal ini di sebabkan karena printer tidak bisa cepat langsung mendeteksi bahwa tinta printer telah di isi maka dari itu kita reset biar cepat dan bisa ke detect tintanya.

Cara reset manual printer epson L 210

Cara Reset Manual Printer Epson L210

Untuk melakukan reset, maka lakukan langkah-langkah berikut ini, sehingga printer dapat kembali dipergunakan:

  • Pencet tombol segitiga merah di atas lampu indikator tinta kurang lebih selama 5 detik kemudian lepaskan
  • Langkah selanjutnya tekan kembali tombol segi tiga merah kurang lebih 3 detik kemudian lepaskan. Lakukan dengan segera setelah melakukan tahap pertama.
  • Pencet kembali tombol yang sama kurang lebih selama 1 detik
  • Selanjutnya Tekan tombol power satu kali saja untuk mematikan printer
  • Hidupkan kembali printer anda
  • Tekanlah 1 kali tombol indikator tinta. sampai tahap ini seharusnya lampu indikator tinta yang berkedip sudah mati dan printer dapat dipergunakan seperti biasa.

Jika tidak berhasil, ulangi lagi hingga berhasil. (saat pertamakali saya melakukannya bisa mengulang sampai 3 kali, tetapi kalau sudah terbiasa untuk menlakukannya sekali saja sudah jadi).

Cara Reset Manual Lampu Indikator Tinta Epson L210 menyala yang saya tulis diatas sudah sangat sering saya lakukan dan berhasil akan tetapi yang harus diperhatikan adalah apakah lampu indikator tintanya berkedip ataukah blinking nyala terus.
Untuk kasus printer yang kondisi lampu indikatornya nyala terus maka tidak akan bisa menggunakan cara yang saya sampaikan diatas. Hal tersebut dikarenakan tinta masih terbaca akan tetapi sistem pada printer sudah mendeteksi tinta yang ada didalam tabung sudah hampir habis. Untuk memperbaikinya berikut caranya

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Tinta Epson L210 L310 L300 L110 atau Epson L Series Blinking Terus

Sebelum melakukannya tentunya teman-teman harus sudah mempunyai adjustment program atau Reseter Epson, kalau belum punya anda bisa
mendapatkannya disini Download Reseter Epson L110 L210 L300 L350 L355. berikut langkah-langkahnya

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa blingking yang terjadi adalah dikarenakan tinta seperti yang sudah saya jelaskan diatas bukan dikarenakan printer epson yang minta reset yaitu blinking indikator tinta dan kertas disertai dengan peringatan pada monitor service required atau waste ink ful pad.
  • Nyalakan terlebih dahulu printer anda kemudian tunggulah sebentar sapai printer diam dan rumahan Printhead Epson L210 parkir disebelah kanan.
  • Langkah berikutnya buka Adjustment program yaitu software yang biasa digunakan untuk mereset printer, setelah terbuka pilihlah Particular Adjustment Mode kemudian pilih ink charge / cleaning yang ada pada menu Maintenance.
  • Langkah berikutnya pilih head ink charge pada menu ink charge, kemudian pilih NOT increment waste ink pad dengan cara mencentangnya selanjutnya klik pada ink charge maka printer akan melakukan proses cleaning, dan pada saat proses cleaning sedang berlangsung, silahkan teman-teman matikan printer dengan cara mencabut langsung kabel powernya dan bukan lewat tombol on/of.
  • Biarkan printer dalam keadaan mati kurang lebih sekitar 10 detikan, kemudian pasang kembali kabel power printer epson yang tadi dicabut setelah itu nyalakan dengan memencet tombol on/of.
  • Pada saat printer sudah menyala akan ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu printer akan menyala dengan normal dengan indikator lampu hijau tanpa ada blink merah atau kemungkinan yang kedua adalah printer menyala disertai dengan lampu indikator tinta yang menyala merah tetapi diam tidak berkedip/blinking yang menandakan bahwa printer anda tintanya habis.
    Apabila yang terjadi pada printer teman-teman adalah yang kedua maka cara memperbaikinya adalah dengan cara reset manual diatas.

Demikian Cara Reset Manual Lampu Indikator Tinta Epson L210 Menyala, semoga dapat bermanfaat

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *