Cara Cleaning/Maintenance Printer HP Deskjet

Cara Cleaning/Maintenance Printer HP DeskjetCleaning atau maintenance printer hp deskjet merupakan cara printer melakukan pembersihan dengan cara menyemprotkan tinta untuk membuang tinta yang telah mengumpal dan menutupi mulut semprot atau nozzle pada bagian bawah catrid, sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar sehingga hasil cetakan printer HP tidak bergaris. cara ini bisa digunakan ketika printer HP Deskjet tidak keluar tinta, printer HP Deskjet hasil print bergaris karena lubang nozzle tersumbat kotoran atau tinta yang mengering disebabkan lama tidak dipakai atau karena telat mengisi tinta.

Cara Cleaning Printer HP di Windows

  • Langkah pertama nyalakan serta hubungkan printer anda dengan komputer atau laptop.
  • Langkah berikutnya adalah membuka software cleaning printer hp, software ini sudah disertakan dengan driver printer hp sehingga saat penginstal driver maka software ini akan ikut terinstal.
  • Setelah aplikasinya berjalan maka akan terbuka HP Printer Asistant yang mempunyai menu utama yaitu HP Connected, Print, Shop, Help dan juga Utilities. Karena disini kita akan melakukan cleaning maka silahkan pilih atau klik menu Print kemudian pilih Maintain Your Printer.
Maintenance Printer HP Deskjet

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer HP Ink Advantage 2135 Lampu Indikator Berkedip

Selanjutnya akan keluar sebuah jendela popup yang tampil di layar. Pada posisi menu tab Device Services, klik pada Clean Ink Catridges untuk memulai proses.

Maintenance Printer HP Deskjet

Maka proses cleaning printer akan berlangsung tunggu saja sampai benar-benar selesai.

Maintenance Printer HP Deskjet

Jendela popup ini akan tampil begitu proses cleaning selesai. Klik Print untuk melihat hasilnya. Jika hasil cetakan sudah bagus dan tidak bergaris maka cleaning telah berhasil mengatasi masalah Anda akan tetapi jika hasil cetakan masih putus-putus, Anda dapat mengulangi langkah cleaning di atas dengan klik menu Second-level Clean lalu cetak lagi untuk melihat hasilnya. Namun harus diingat untuk melakukannya jangan terlalu sering karena justru dapat merusak catrid.

Maintenance Printer HP Deskjet

Cara Cleaning Printer HP Secara Manual

Cara ini terpaksa dilakukan apabila dalam proses cleaning menggunakan sofware tidak mampu menyelesaikan masalah

  • Ambil catrid printer HP kemudian isi tinta secukupnya
  • Rendam bagian bawah catrid dengan head cleaner, alkohol atau kalau tidak ada bisa menggunakan air panas
  • Biarkan beberapa menit, kemudian ambil lalu tempelkan dan usap bagian bawah printer dengan menggunakan tisu yang lembut
  • Apabila dirasa tinta sudah keluar dengan lancar, silahkan masukan kembali catridnya kedalam printer dan lakukan tesprint untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : Cara Test Print Manual (Self  Test Print) Printer HP

Tips Agar Catrid HP Tidak Mudah Kering, Mampet, Hasil Bergaris dan Rusak

  • Apabila melakukan pengeprinan sebaiknya dibatasi jangan terlalu banyak, misal 50 lembar kemudian berhenti sebentar, hal ini bertujuan agar catrid tidak mudah panas dan aus yang menyebabkan catrid menjadi bocor dan juga agar tidak sampai telat dalam merefil catrid.
  • Jangan biarkan printer terlalu lama tidak dipakai, minimal dalam satu minggu dipakai walaupun cuma satu kali.
  • Jangan mengisi tinta terlalu banyak yang menyebabkan catrid bisa mengalami kebocoran karena busa tidak sanggup menampung tinta.
  • Gunakan tinta khusus untuk printer HP kalau perlu gunakan tinta original

Selamat mencoba dan semoga permasalahan printer Anda segera dapat teratasi. Akantetapi jika langkah-langkah diatas ternyata belum menyelesaikan masalah, sementara itu kondisi tinta masih dalam keadaan penuh, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli catridge yang baru.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *