Cara Aman Mengeluarkan Kertas Macet / Paper Jam Canon Pixma MX390

Mengalami paper jam ataupun kertas macet pada printer canon merupakan sesuatu peristiwa yang tidak mengasyikkan, terlebih pada disaat kita lagi diburu waktu buat menuntaskan pekerjaan yang mewajibkan kita buat memakai printer.

Pada printer Canon seri MX390, terkadang ketika terjadi paper jam, serta kertasnya telah masuk separuh maka bakal sangat susah untuk dikeluarkan. Kalau ditarik secara paksa, kertas malah akan tersangkut didalam, serta tidak nampak sama sekali sebab masuk ke roller . Printer canon MX390 ini agak berbeda yaitu tray atau baki kertasnya terletak didepan sehingga sistem kerja penarik kertasnnya adalah kertas masuk dari depan kemudian menggulung didalam dan keluar lagi kedepan, sehingga kasus paper jammed atau kertas nyangkut sangat sering terjadi terutama jika kertas yang digunakan adalah jenis kertas yang tipis atau kertas lembab. Berbeda dengan seri printer canon pada umumnya yang sistem tray / baki kertasnya ada diatas.

Baca Juga : Printer Epson L3110 Paperjam dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Paper Jammed / Kertas Macet Pada Printer Canon MX390

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kertas macet atau paperjam diantaranya adalah

Media Cetak / Kertas
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa printer ini berbeda dengan printer canon pada umumnya yang kertasnya masuk dari atas, sementara printer ini masuk dari depan dan menggulung sehingga rawan sekali untuk terjadi kertas macet terutama jika jenis kertas yang digunakan terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Penggunaan kertas yang terlalu tipis maka pada saat proses penarikan kertas akan melipat dan nyangkut ataupun tidak akan tertarik oleh roller terutama jika karet rollernya sudah aus. Begitu juga dengan kertas yang tebal dan kaku akan sulit masuk.

Karet Roller ASF Penarik Kertas
Penyebab dari paper jammed juga bisa disebabkan oleh Karet Roller ASF penarik kertas canon mX397 yang sudah tipis atau aus sehingga tidak bisa menarik kertas

Sensor Bulat / Timing Disk Canon MX397
Penyebab Paper Jammed Pada Printer Canon lainnya yaitu Sensor bulat timing disk yang terkena kotoran ataupun percikan tinta sehingga jalur sensor tidak terbaca yang mengakibatkan printer menggulung kertas dengan cepat.

Langkah- langkah Mengeluarkan Kertas Macet Pada Printer Canon MX390 adalah sebagai berikut:

  • Pastikan printer kamu dalam keadaan OFF, cabut seluruh kabel termasuk kabel power.
  • Buka tutup atas/ bagian scanner.

 

Paper Jam Kertas macet Canon Pixma MX390
  • Putar printer 90 derajat dengan Posisi miring, ataupun printer bisa diberdirikan dengan sandaran bagian samping.
Paper Jam Kertas macet Canon Pixma MX390
  • Amati pada bagian balik printer, terdapat tombol/ slot semacam foto ini, tekan ke bawah sesuai arah panah.
Paper Jam Kertas macet Canon Pixma MX390
  • Buka tutup pada bagian belakang dengan cara menekan ke arah bagian bawah printer.
Paper Jam Kertas Macet Canon MX390
  • Kamu bakal melihat bagian roller dan juga kertas yang mengalami paperjam/ macet. Kamu dapat menarik kertas dengan perlahan.
paper jam Kertas Macet Canon MX390
  • Kembalikan posisi tutup belakang serta slot tanda panah.
Paper Jam kertas macet Canon Pixma MX390
  • Kembalikan printer ke posisi semula, serta pasang seluruh kabel. Hidupkan printer dan printer sudah dapat kamu pakai kembali.

Demikian tutorial Mengeluarkan Kertas Macet/ Paper Jam Canon Pixma MX390 secara Aman, langkah-langkah diatas juga bisa diterapkan untuk printer canon yang sejenis. sekian, semoga dapat bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *