Batuk Tak Kunjung Reda? Coba Bahan Tradisional Ini

18 Oktober 2018 - Kategori Blog

Cara Atasi Batuk MembandelObat Alami Batuk Kering dan Berdahak – Batuk merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi. Meski sebagian besar batuk yang ringan akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman akibat batuk kerap membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsi obat batuk, termasuk obat batuk alami.

Ada 2 jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Khusus untuk batuk kering, batuk ini tidak menghasilkan lendir karena infeksi virus. Namun, batuk kering yang konstan juga bisa disebabkan oleh sinusitis, asma, pneumonia, atau TBC.

Setiap penyakit pasti datang dengan obatnya. Beberapa bahan makanan alami yang dapat diolah menjadi minuman di bawah ini bisa menenangkan dan meredakan batuk agar tidak timbul gejala lain, sekaligus dapat menjaga tubuh untuk tetap fit.

Obat Tradisional Batuk Kering dan Berdahak yang Ada di Dapur Anda

Jahe
Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami, Anda bisa mencoba menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas dan tunggu beberapa menit.

Setelah hangat, Anda bisa meminum teh jahe tersebut sebagai obat batuk alami.
Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terkena flu.

Madu
Anda dapat mengambil manfaat madu sebagai obat batuk alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terbuat dari campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, dan perasan air lemon.

Kecap dan Jeruk Nipis
Sejak dahulu bukan rahasia lagi jika jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Jeruk nipis bisa menghilangkan batuk berdahak. Kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Namun jika tidak suka kecap, kamu bisa menggantinya dengan madu. Supaya lebih cepat sembuh, kamu harus meminum campuran jeruk nipis dan madu ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Kencur
Sebagaimana jeruk nipis, kencur juga memiliki kandungan minyak atsiri yang berkhasiat untuk mengatur otot-otot di saluran pernapasan sehingga tenggorakan akan berasa lega dan menekan rasa ingin batuk. Selain itu layaknya jahe, kencur juga memberikan sensasi hangat baik di saluran pernapasan maupun tubuh sehingga kamu akan merasa nyaman. Untuk informasi tambahan, kencur umumnya digunakan para penyanyi untuk membantu meningkatkan performa suara karena khasiat kencur yang mampu memberikan kelegaan pada pita suara.

Rebusan Air Daun Sirih
Rebusan air daun sirih dari dulu dipercaya punya banyak manfaat salah satunya adalah obat ampuh untuk batuk berdahak. Caranya rebus 5 lembar daun sirih dengan 3 gelas air, rebus hingga mendidih dan jadi 2 gelas. Minum di pagi dan malam hari secara berkala hingga batuk berdahak hilang.

Kumur Dengan Air Garam
Garam juga ternyata mampu meredakan batuk berdahak yang dipercaya sejak ratusan tahun lalu. Caranya pun sangat mudah kamu hanya perlu berkumur dengan air campuran garam. Ulangi 3-4 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Garam yang punya anti-inflamasi dan anti-infeksi alami ini mampu mengurangi batuk dan radang pada tenggorokan.

Jika obat batuk alami dan perawatan di rumah sudah dilakukan namun batuk tak kunjung sembuh, segera konsultasi kepada dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit serius. Apalagi jika batuk disertai dengan lendir yang tebal, nyeri dada, adanya penurunan berat badan, sulit bernapas, demam, dan batuk berdarah.

 
Chat via Whatsapp