3 Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon

Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Pada Printer Canon – Permasalahan Hasil Cetak Printer Canon Tidak Rata/ Lurus ini umumnya terjadi karna beberapa kemungkinan antara lain yakni Encoder print yang kotor, Rel Cartridge yang ngadat sehingga menggangu pergerakan rumah Head Cartridge atau carried unit serta pula mekanik printer yang telah aus ataupun goyang.

Buat memperbaiki sendiri Printer Canon yang Hasil Cetak-nya Tidak Rata/ Lurus, kamu dapat mempraktikkan sebagian tutorial metode service dibawah ini:

Membersihkan Encoder / Pita Sensor
Encoder merupakan pita sensor printer yang terbuat dari plastik bening dan terdapat kode baris di permukaannya. posisinya ada dibelakang head cartridge/ rumah catridge dan melintang horizontal.

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Pada Printer Canon Dengan Metode Membersihkan Encoder

  • Langkah pertama bukalah cover/penutup atas printer
  • Cari pita transparan/encoder di balik rumah cartridge/carried unit canon

Baca Juga : Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar / Hasil Bergaris

Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon
  • Cek apakah pita sensor tersebut kotor karena terkena cipratan tinta saat proses pengeprinan maupun benda asing yang lain semacam pelumas Carried Unit.
  • Bersihkan Encoder. Apabila kotorannya masih baru serta gampang lenyap, kamu dapat bersihkan memakai tissue basah/tissue yang dibasahi dengan alkohol maupun air ataupun dapat pula memakai kain halus tanpa butuh melepas encoder- nya, tetapi apabila telah mengering serta susah dibersihkan, coba lepaskan serta rendam encoder dengan air panas kemudian bilas dengan tissue ataupun lap lembut. Tetapi ingat, jangan sampai baris kodenya hilang, Jika sampai hilang berarti kamu wajib mengganti encoder yang masih bagus.
  • Bersihkan pula  Timing disk posisinya terdapat di sebelah kiri printer( kamu mesti membongkar casing Printer)
timing Disk
  • Tutup kembali setelah itu uji hasil cetak tabel.

Catatan : Apabila garis Vertikal/ atas bawah yang tidak lurus dan berbayang: bersihkan Encoder, apabila garis horisontal maka yang dibersihkan Timing Disk/ sensor bulat.

Bila dengan metode tersebut tidak berhasil, coba metode kedua, yakni dengan menerapkan setting alligment lewat printer properties.

Metode Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon Dengan Setting Alligment

  • Buka printing preferences, caranya dengan memencet tombol windows + S pada keyboard, setelah itu ketikkan devices and printer. Buka Devices and Printer kemudian pilih seri printer kemudian Klik kanan, pilih printing preferences
  • Pilih tab Maintenance, siapkan kertas sebagai test print pada printer kemudian klik preferensi Print Head Alignment
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus
  • Printer bakal mencetak hasil nilai print head alignment secara otomatis. setelah itu pilih Yes pada diskusi box yang muncul
  • Amati hasil print head alignment, kemudian pilih hasil terbaik yang ditunjukkan pada tiap- tiap angka. Isikanlah angka yang terdapat pada hasil print dengan kondisi rapat/halus atau yang tidak bergaris serta pilih yang garisnya sangat tipis dan atau pilih yang tidak terdapat garis putihnya sama sekali. Contoh hasil dari print head alignment dari printer canon yang kami coba
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus

Baca Juga : Printer Epson T11/T13/T20 Hasil Print Ngeblok Warna warni

Metode Menangani Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon Dengan Mengganti Mekanik
Hasil Print yang tidak lurus ataupun bergelombang serta berbayang juga dapat di sebabkan oleh mekanik printer ataupun gear yang telah aus, sehingga disaat menarik kertas serta mencetak jalannya tidak setabil yang menimbulkan hasil print bergelombang.

Penyebab Yang terakhir dari tidak lurusnya tabel atau garis saat mengeprin menggunakan printer merek canon adalah Catrid. Hal ini bisa terjadi karena nozzle atau lubang semprot pada catrid sudah aus atau luka dikarenakan penggunaan printer yang tingi serta bisa juga dikarenakan untuk mencetak kertas yang agak kasar. penyebab rusaknya catrid juga bisa karena saat kertas macet atau nyangkut di tengah kemudian kertas ditarik paksa. Untuk memastikan rusak tidaknya catrid coba seting pada kualitas hight, kalau hasil prinnya lebih baik dari yang standar kemungkinan besar catrid rusak. Solusi dari rusaknya catrid adalah diganti dengan yang baru 😊

Insya Allah dengan metode tersebut hasil cetak tabel/ garis pada printer Kamu bakal jadi lurus kembali. Cukup sekian dahulu sedikit tutorial tentang Metode Menangani Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon. Mudah- mudahan berguna.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *