Canon MP287 Error E03, Analisa Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error E03 – Assalamu’alaikum, halo selamat pagi teman-teman semua sudah lama nih tidak buat postingan kali ini saya akan membuat sebuah postingan tentang cara memperbaiki printer canon MP287 error E03, karena kemarin ada pasien datang membawa printer canon MP287 dengan keluhan error E03.

Setelah saya cek dengan menyalakan printer ternyata printernya berjalan dengan normal, seperti biasa saat printer dinyalakan melakukan kalibrasi dan lampu indikator nyala hijau normal dan dilayar lcd pun terdapat angka 1 yang menandakan printer siap untuk digunakan. akan tetapi setelah saya perintah untuk mencetak dokumen yaitu dengan Print Test Page ternyata pada waktu printer siap menarik kertas kemudian baru terjadi error E03 dan pada layar monitor ada peringatan bahwa penutup kertas bagian depan belum terbuka, padahal tutupnya sudah terbuka dengan sempurna (Document printing cannot be executed because the paper out tray is closed)

Untuk mengetahui berbagai macam kode error printer canon anda bisa baca disini Code Error Printer Canon MP287 dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Error paper out tray is closed Canon MP287, MP258, dan MP237

Biasanya kode error E03 atau paper jammed ini terjadi disebabkan kerusakan pada seputar bagian sensor kertas dan rol penarik kertas, maka saya cek bagian yang paling mudah dulu yaitu pada bagian tempat masuknya kertas barangkali ada sesuatu yang menghalangi masuknya kertas karena sering sekali saya menemukan berbagai macam benda yang masuk seperti robekan kertas, karet gelang, paper klip, makanan ringan bahkan uang logam.

Benda-benda yang saya sebutkan diatas biasanya jadi penyebab kode error E03 pada printer canon karena tuas sensor terganjal sehingga sensor kertas membaca bahwa kertas telah masuk kearea pencetakan. dan ternyata setelah saya cek tidak terdapat benda apapun alias bersih.

Baca juga Cara Reset Printer Canon MP287 Error E08

Bagian berikutnya yang saya curigai sebagai penyebab kerusakan canon mp287 error E03 adalah pembaca sensor kertas yang letaknya ada diatas rol penarik kertas karena sensor kertas ini sering sekali sebagai penyebab utama terjadinya kerusakan error E03 atau paperjam, dan setelah dicek ternyata normal-normal saja.

sensor kertas printer canon

Sempat bingung juga dengan kasus kali ini, Ternyata setelah saya amati kerusakannya itu bukan E03 Paperjam akan tetapi pada layar monitor terdapat peringatan bahwa tempat keluarnya kertas yang belum terbuka selanjutnya saya cek pada kabel yang berhubungan dengan sensor pintu bagian depan yang tersambung ke mainboard dan ternyata aman. selanjutnya saya cek timing disk yaitu sensor yang mengatur kecepatan masuknya kertas dan ternyata benar terdapat kerusakan pada bagian ini karena terkena goresan sehingga strip sensornya terkelupas.

Timing disk printer canon

Kesimpulan dari kasus diatas adalah Printer Canon MP287 Error E03 dikarenakan terjadi kerusakan pada Timing Disk atau sensor bulat.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, kalau ada yang ditanyakan atau hanya sekedar berbagi info silahkan komentar dibawah. terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *