Cara Merubah MBR ke GPT Agar Instal Win 8 dan 10 Tidak Gagal

Dalam suatu partisi hard disk umumnya terdapat 2 macam opsi partisi sistem, yakni MBR serta GPT. MBR alias Master Boot Record ialah sistem partisi yang seluruh informasi dalam piringan disk diatur serta dikontrol oleh sistem MBR. Sebaliknya GPT alias Guid Partition Table ialah sistem partisi yang menyimpan informasi di lebih dari satu lokasi, sehingga bila terdapat kerusakan pada sistem utama masih terdapat cadangan yang dapat digunakan.

Bila teman-teman mau melaksanakan upgrade sistem operasi di laptop misal: Pada awal mulanya laptop tersebut memakai Windows 7 64 Bit, setelah itu teman-teman mau mengupgrade Windows yang digunakan jadi Windows 8. 1 64 Bit. Singkat cerita, proses instalasi juga berjalan. Tetapi, hingga pada langkah memilah partisi, timbul pesan error semacam ini,

” Windows cannot be installed to the disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk”

Dengan munculnya pesan error tersebut, hingga teman-teman tidak bakal dapat melanjutkan ke proses install windows pada laptop ataupun computer. Dari yang ditampilkan Pesan tersebut kita ketahui kalau error yang terjadi merupakan diakibatkan karena tipe partisi hardisk yang tidak sesuai.

Lalu apakah ada sistem yang bisa mengubah partisi hard disk dari MBR ke GPT tanpa perlu kehilangan data di dalamnya? Tentu saja ada. Ya, saat ini terdapat aplikasi dari EaseUs yang bisa melaksanakan hal tersebut yakni EaseUS Partition Master Gratis. Dengan aplikasi tersebut Kamu dapat dengan gampang mengganti partisi MBR ke GPT tanpa takut bakal kehilangan data.

Cara Merubah Format Hardis MBR Ke GPT Ataupun Sebaliknya

Berikut ini cara mengganti sistem partisi hardisk MBR ke GPT tanpa harus memformat.

  • Siapkan EaseUS Partition Master Gratis terlebih dahulu, bila kamu belum ada silahkan browsing dengan keyword tersebut.
  • Install EaseUS Partition Master Gratis di Laptop ataupun pc kamu.
  • Bila sudah, masuk ke aplikasi ataupun tools tersebut. hingga akan muncul partisi dari hard disk kepunyaan kamu. Setelah itu klik kanan pada disk tersebut serta pilih opsi Convert MBR to GPT.
  • Klik tombol“ Apply” di toolbar sebalah kiri atas. Klik kembali tombol“ Yes” pada box konfirmasi yang timbul. Proses konversi dari MBR ke GPT akan segera berlangsung. Silakan tunggu beberapa saat sampai prosesnya berakhir.

Cara Merubah MBR ke GPT

Nah gimana, sangat gampang bukan? Saat ini teman-teman tidak perlu lagi takut hendak kehilangan data bila mau mengganti hard disk dari format MBR ke GPT. Sebagai catatan, EaseUS Partition Master Gratis juga dapat digunakan untuk mengganti format GPT ke MBR. Sebaliknya bila teman-teman menginginkan fitur yang lebih lengkap, teman-teman juga dapat membeli versi premium dari EaseUS Partition Master dengan harga yang terjangkau.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *