Cara Melihat Jumlah Total Kertas Yang Dicetak Printer

Untuk Melihat Jumlah Total Kertas Yang Dicetak Printer baik itu Canon, Epson, HP, Brother dan yang lainnya itu langkah-langkahnya hampir sama saja sehingga teman-teman bisa mengikuti tutorial pada postingan ini untuk diterapkan pada printer yang teman-teman punya.

Pada setiap printer itu mempunyai memori untuk mencatat atau menghitung setiap kali melakukan proses pencetakan, hal ini sangat bermanfaat bagi kita terutama bagi yang terjun di dunia percetakan ataupun warnet karena informasi tentang jumlah cetak sangat diperlukan untuk perhitungan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan berapa hasil yang didapat.

Disisi lain tujuan ditanamkannya memori pada printer adalah untuk mencegah kerusakan, karena setiap produsen printer sudah menentukan jumlah maksimal kemampuan printer untuk mencetak, sehingga apabila printer sudah mencapai jumlah maksimal maka printer tidak dapat digunakan lagi dan harus direset menggunakan service tool untuk canon atau Adjustment Program untuk epson, untuk caranya teman-teman bisa cari diblog ini dengan kata kunci cara reset printer.

Berikut Cara Mengetahui Jumlah Lembar Kertas yang sudah dicetak oleh Printer

  • Klik Menu Star yang ada di pojok kiri bawah, kemudian klik “Device and Printer”
  • Silahkan teman-teman pilih printer yang aktif (kalau jumlahnya lebih dari satu) atau yang biasa dipakai. pada tutorial ini saya menggunakan printer Epson
  • Kemudian klik kanan pada device printer yang dipilih >> Printing Preferences>> Maintenance>> Extended Settings
  • Pada pilihan setting silahkan teman-teman pilih atau centang Enable EPSON Status Monitor, dan OK
  • Langkah selanjutnya adalah Klik “Printer and Option Information” >> Dan Lihat di “Number of Sheets” di situ akan terlihat berapa jumlah kertas yang telah teman-teman cetak.
Cara mengetahui jumlah lembar yang telah diprint
Cara Melihat Jumlah Total Kertas Yang Dicetak Printer

Jika teman-teman merasa kesulitan dengan dialog yang berbahasa inggris, teman-teman bisa merubah setingan bahasa inggris ke setingan bahasa Indonesia pada status Language.

Demikian Tutorial Cara Menampilkan Jumlah Lembar Cetakan pada printer semoga membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan bagi kita semua. Bagi temen-temen yang menggunakan merek lain silahkan sesuaikan saja karena tidak jauh beda dengan tutorial diatas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *