Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer Canon MP

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan tentang Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer Canon MP. sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukannya, kita hanya membutukan alat yaitu scanner dan tentunya perangkat komputer ataupun laptop.

Namun sekarang sudah semakin mudah karena banyak produsen printer seperti Canon, Epson, HP dan lainnya sudah mengeluarkan printer yang multi fungsi yaitu bisa mencetak, memindai atau scan dan juga bisa digunakan untuk foto copy.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara Scan Dokumen menggunakan printer canon. Pada zaman digital sekarang ini pengiriman berkas atau dokumen baik itu untuk Contoh Lamaran Pekerjaan, Contoh curriculum vitae,  kwitansi, nota pembayaran, dokumen pribadi (ijazah, ktp, transkrip nilai, raport) sudah mulai umum menggunakan e-mail untuk menghemat waktu tenaga dan tentu saja biaya.

Cara Scan Dokumen/Foto Di Printer Canon Dengan Mudah

Sebelum kita membahas tata cata atau langkah-langkahnya berikut ada beberapa hal yang perlu teman-teman persiapkan

  • Printer Canon yang telah dilengkapi dengan scanner misal Printer Canon MP145, MP150, MP160, MP258, Mp287 atau seri yang lainnya.
  • Komputer atau Laptop
  • Dokumen, Foto atau gambar yang akan discan
  • Yang terahir pastikan printer yang akan digunakan sudah terkoneksi dengan komputer atau laptop teman-teman. apabila belum mempunyai driver printer canon atau mungkin sudah hilang bisa teman-teman download di sini

Jika semua yang disebutkan diatas telah dipersiapkan baik, berikut langkah-langkah memindai dokumen dengan printer canon.

  • Hidupkan komputer atau laptop teman-teman, kemudian hubungkan kabel USB Printer.
  • Kemudian hidupkan printer dengan menekan tombol power “ON” dan tunggu hingga printer siap digunakan, biasanya ditandi dengan lampu berwarna hijau.
  • Jika printer telah siap digunakan, buka penutup (cover) scanner dan letakkan dokumen (ex: ktp, cv, foto, kwitansi, dan lain sebagainya) dengan posisi halaman yang akan di scan menghadap kebawah.
  • Tutup kembali cover scannerya.
  • Kemudian tekan tombol scan pada panel printer (ini cara manual) atau bisa juga menggunakan software bawaan printer canon yaitu MP Navigator caranya Klik star pilih Canon Utilities, kemudian klik MP Navigator
  • Atau bisa juga dengan cara Klik Star, Devices and Printer, kemudian klik kanan pada driver printer yang terhubung dengan komputer atau laptop, lalu pilih scan

Devices and Printers

Cara Scan Dokumen di printer canon

Pada gambar diatas perhatikan pada area yang sudah saya tandai kotak merah

  1. Jenis printer, disini saya menggunakan printer canon MP237
  2. Profil, yaitu jenis dokumen, teman-teman bisa memilih jenis yang akan di scan yaitu Image (Photo) atau berkas dokumen.
  3. Color Format, yaitu untuk memilih dokumen berwarna atau hitam putih
  4. Tipe File: silahkan teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan mau hasilnya berupa JPG (JPEG  Image) atau PDF
  5. Resolusi, sesuaikan dengan kebutukan. semakin besar resolusi semakin besar juga ukuran file, tetapi hasilnya akan semakin bagus.
  6. Pengaturan kecerahan dan ketajaman pada hasil scan.
  • Silahkan tunggu hingga proses scan selesai, biasanya memakan waktu beberapa detik saja
  • selesai, teman-teman bisa melihat hasil scan di folder My Pictures.

sampai disini dulu tutorial Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer Canon MP, selanjutnya saya akan buat postingan Cara Foto Copy menggunakan Printer Canon. sekian terimakasih semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *