Cara Print Dokumen Ukuran Kertas F4/Legal Tidak Terpotong

Assalamu’alaikum, selamat pagi teman-teman semua, kali ini saya akan membuat postingan tentang Cara Print Dokumen Ukuran Kertas F4/Legal Tidak Terpotong pada Printer canon, Epson dan HP pada saat pencetakan. Permasalahan yang sering terjadi saat kita akan mencetak suatu dokumen adalah hasil halaman terpotong sehingga ada beberapa paragraf atau kalimat yang hilang.

Jika teman-teman ingin mencetak pada ukuran kertas F4 tetapi pada pilihan printer tidak tersedia dan kebanyakan orang memilih ukuran Legal pada pengaturan printernya dan menyamakan ukuran kertas F4 dan Legal itu sama. padahal ukuran keduanya cukup berbeda. Ukuran kertas Legal yang sudah terpasang pada setingan setiap printer tadak lebih panjang dari ukuran kertas F4.

Secara umum ukuran lebar kertas itu sama, yang membedakan adalah ukuran panjang kertas. Untuk Kertas F4  panjangnya adalah 13 inchi sedangkan untuk kertas Legal panjangnya adalah 14 inchi. Jika teman-teman masih bingung bagaimana mengetahui ukuran kertas yang akan digunakan maka lihat saja pada bungkus kertas tersebut biasanya sudah tertera baik dalam satuan mm ataupun inchi.

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 Pada Printer Canon, Epson dan HP

Seperti yang sudah kita ketahui untuk ukuran Kertas F4 itu tidak tersedia pada daftar kertas di setingan Printer. Sehingga mengharuskan kita untuk menambahkan ukuran kertas terlebih dahulu (custom) agar tampilan dan hasil print sesuai yang diinginkan.

Cara setting Kertas F4 untuk printer Canon

seting ukuran F4 printer canon

  • Buka file yang akan di cetak dengan ukuran F4 Baik itu di Ms Word, Ms Exel atau yang lainnya. Lalu tekan Ctrl+P pada keyboard komputer atau laptop teman-teman, setelah itu klik Properties.
  • Selanjutnya pada kotak Dialog (Misalnya Printer Canon MP280) di kolom Quick setup, klik dibawah ukuran kertas pencetak (printer paper size) akan banyak terdapat pilihan, teman-teman bisa pilih serasikan (custom)
  • Setelah pilih Custom Maka akan muncul dialog box Custom Paper Size, pada unit pilih mm kemudian pada paper size untuk width: 215 dan height: 330. Apabila teman-teman memilih satuan inchi maka isikan kotak width dengan 8.5 dan isikan juga kotak height dengan 13. kalau sudah silahkan klik OK
  • Kemudian klik tombol Print untuk memulai pencetakan dokumen.

Cara setting Kertas F4 untuk printer Epson

Cara setting Kertas F4 untuk printer HP

Untuk Printer HP, ukuran kertas F4 sudah tersedia. Namun namanya adalah 8,5 in x 13 in.

seting F4 printer HP

Cara seting ukuran kertas F4 diatas bisa diterapkan untuk pengeprinan Ms Word, Ms Exel, CorelDraw, Photoshop, File PDF, dll. dan Untuk setingnya cukup satu kali saja karena secara otomatis sudah tersimpan pada daftar ukuran kertas diprinter.

sekian Tutorial Cara Print Dokumen Ukuran Kertas F4/Legal Agar Tidak Terpotong, semoga bermanfaat. dan dapat dipahami

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *