Cara Head Cleaning Printer Canon di Windows 10

Cara Head Cleaning Printer Canon di Windows 10 maupun di windows lainnya seperti windows xp, windows 7, dan windows 8 hampir sama saja yang membedakan adalah tampilan antar mukanya sedangkan untuk tata cara dan langkah-langkahnya sama saja.

Tetapi yang perlu diperhatikan dalam melakukan Maintenance / Head Cleaning adalah jangan terlalu sering karena bisa membuat catrid teman-teman bermasalah, hal ini hanya boleh dilakukan ketika teman-teman mencetak hasilnya tidak memuaskan seperti bergaris, hasil tidak rata, atau tinta yang tidak keluar atau masuk angin jika printer teman-teman sudah menggunakan sistem infus atau CISS, maka dengan cleaning atau pembersihan otomatis diharapkan bisa membuat cetakan kembali bagus dan normal.

Cara Cleaning Printer Canon Ip2770, MP237, MP258, MP287 di Windows 10

  • Pertama silahkan teman-teman buka Control Panel
  • Selanjutnya pilih “Hardware and Sound” dan klik Devices and Printers
  • kemudian selanjutnya teman-teman pilih Printers yang akan di cleaning, teman-teman akan melihat jendela yang berisikan daftar perangkat-perangkat yang pernah tersambung atau sedang tersambung pada komputer. Pada jendela ini, cari printer yang akan dilakukan cleaning. Cari nama printer yang bertuliskan nama merek printer disertai dengan tipenya. Contohnya, untuk printer Canon IP 2770, Anda akan menemukan tulisan “Canon IP 2770” klik kanan lalu pilih “Printing preferences” bisa juga “Printer Properties
  • Setelah itu Nanti akan muncul tampilan seperti yang ada digambar, teman-teman tinggal pilih  “Maintenance” atau “Perawatan”. Pada tab ini, akan diberi pilihan beberapa tab terkait perawatan printer yaitu “Cleaning” atau pembersihan , “Deep Cleaning” atau pembersihan tingkat dalam (ini akan mengeluarkan tinta lebih banyak untuk pembersihannya)
  • Klik tombol Start untuk memulai proses pembersihan
  • Tunggu proses pembersihan hingga selesai. Selama proses berlangsung, teman-teman tidak diperkenankan untuk memakai printer selain untuk kepentingan perawatan.
  • Setelah proses cleaning selesai, lakukan uji coba pencetakan kertas pada printer teman-teman melalui teknik “Nozzle Check” (Pemeriksaan mulut semprot). Caranya, pada tab “Maintenance” atau “Perawatan”, klik “Nozzle Check”.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar komputer atau laptop.

Control Panel

maintenance printer canon

head cleaning

tab maintenance

Jika setelah melakukan semua proses cleaning ini ternyata hasil cetakan kertas pada printer masih belum menunjukkan perubahan yang berarti, ada kemungkinan besar cartridge printer teman-teman sudah mulai lemah atau bahkan rusak.maka cartridge tersebut harus diganti dengan yang baru.

Setelah mengikuti tutorial Cara Head Cleaning Printer Canon di Windows 10 diatas ternyata tab Maintenance atau perawatannya tidak ada, bagaimana solusinya

Solusi Tab Maintenance (Perawatan) tidak ada di Windows 10

Windows 10 adalah seri windows yang paling baru keluaran dari perusahaan microsoft, maka dari itu semua software mau tidak mau harus mengikuti pembaruan supaya kompatibel dengan windows 10. begitu juga dengan driver printer harus menyesuaikan dengan windows yang digunakan. jadi solusi bagi teman-teman yang terkendala dengan tab Maintenance yang tidak muncul adalah dengan menginstal driver terbaru.

Sekian tutorial Cara maintenance/Head Cleaning Printer Canon Di Windows 10, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *