Kode Error Printer Canon dan Cara Memperbaikinya

Kode Error Printer Canon IP1980Kode Error Blinking Berkedip Printer Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1600, IP1300, IP1200 – Kali ini saya akan berbagi informasi tentang printer canon pixma ip 1980. Ini adalah produk printer versi lawas, canon ip 1980 menggunakan cartridge type 830 / DP 40 (Black) dan 831 / DP 41 (color). Semua pengguna canon pixma 1980 pasti pernah mengalami masalah error pada canon ip 1980. Oleh karena itu saya akan memberikan informasi tentang solusi mengatasi kode error pada canon ip 1980.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kerusakan pada printer canon, mulai dari yang ringan hingga berat yang membutuhkan pergantian sparepart. Kerusakan Printer Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1600, IP1300, IP1200 biasanya ditandai dengan berkedipnya lampu indikator pada printer serta tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Dari kode error ini kita dapat mengetahui bagian mana yang mengalami masalah, walaupun terkadang antara kode blink dengan kerusakan tidak sesuai.

Cara Memperbaiki Kode Error Printer Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1600, IP1300, IP1200

KOde Error ini sudah sepatutnya kita ketahui agar saat terjadi error dapat memperbaiki sendiri terutama jika kerusakannya ringan, sehingga tidak asal-asalan dalam melakukan perbaikan. berikut beberapa kode error dan cara menanganinya

Kedip 1x hijau, 1x kuning bergantian
Ink Absorber Full / Waste Ink Pad Full. Printer anda perlu di reset dengan software resetter/service tool. Untuk download dan caranya bisa baca disini Cara Reset Printer Canon IP1980.
Akan tetapi jika pada layar komputer keluar peringatan Error 5100 kemungkinan kerusakannya disekitar pergerakan rumah catrid atau caried unit, bisa dari rel tempat jalannya catrid yang sudah kering atau kotor atau mungkin bisa juga dikarenakan dinamo motor yang mengalami kerusakan atau bahkan malah mati.

Kedip 3x kuning 1x hijau
Kerusakan semacam ini disebabkan karena Paper Jam. ada beberapa faktor yang menyebabkan printer canon paper jam diantaranya adalah karena kertas yang nyangkut atau sobek didalam, ada sesuatu yang menghalangi tempat masuknya kertas, mekanik yang error karena ada gear yang patah atau sudah aus, patahnya AS penarik kertas/AsF, Karet roller yang sudah aus dan lainnya yang berhubungan dengan kertas macet.

Kedip 4x kuning 1x hijau
Printer perlu pendeteksian ulang yang ditandai dengan keluar pesan pada layar komputer berupa gambar catrid yang terlepas dari tempatnya atau disebut dengan Resume, hal ini biasanya terjadi setelah melakukan pengisian ulang atau refill tinta dan juga saat pergantian catrid. Cara reset manual printer canon

Kedip 5x kuning 1x hijau
Cartrid Warna atau Hitam tidak terbaca / terdeteksi oleh mesin atau kemungkinan terburuk adalah catrid sudah rusak dan mati. Sebelum melakukan penggantian catrid coba terlebih dahulu bersihkan area konektor pada catrid yaitu pada kuningan depan catrid dengan menggunakan tisu atau kain yang halus dan basahi dengan head cleaner, alk*h*l atau bisa juga dengan air. Bersihkan juga konektor pada rumahan catridnya. Setelah semuanya dibersihkan silahkan pasang kembali catridnya apabila tetap tidak terdeteksi kemungkinan catrid sudah rusak.

Kedip 7x kuning 1x hijau
Cartridge yang Warna tidak terbaca atau rusak. hal ini terjadi pada printer canon IP1980 blink 7x kuning 1x hijau. Coba bersihkan terlebih dahulu seperti yang sudah saya jelaskan pada kasus diatas tau ganti dengan Cartrid warna yang baru, selesai. Kerusakan pada Cartridge bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah : chip IC rusak, konektor yang kotor, kabel flexible putus, motherboard rusak terutama pada bagian soket kabel flexiblenya dll.

Kedip 8x kuning 1x hijau
Waste Ink Pad Full atau Ink Absorber Full yaitu memori penyimpanan dari IC Eeprom telah penuh ditandai dengan keluarnya pesan error pada layar komputer disertai dengan gambar catrid yang berceceran tinta, untuk memperbaiki kerusakan ini diperlukan software untuk meresetnya yaitu service tool.

Kedip 14x / 15x kuning 1x hijau
Apabila Printer dihidupkan lampu indikator hijau nyala penuh tanpa blinking (kedip-kedip), namun ketika dipakai untuk mengeprint baru terjadi blinking berarti Catrid anda mengalami “run out“. dan biasanya ada pesan error pada layar windows anda. solusinya adalah : tekan tombol resume / stop sekitar 5 detik kemudian lepaskan. Apabila masih terjadi blinking, maka ulangi lagi langkah tadi, hal ini terjadi hanya 2 kali yaitu untuk mereset catrid hitam dan warna. Kasus ini terjadi ketika Cartrid habis di isi ulang/refill. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada postingan disini

Demikian Beberapa Kode Error Printer Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1600, IP1300, IP1200 semoga bermanfaat dan apabila ingin berbagi pengalaman silahkan komentar dibawah

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *